Halaman

Rabu, 08 Maret 2017

Cilor Makaroni

Assalamu'alaykum


Lagi booming cilor makaroni di sekitar rumah nih. Di depan komplek, sepanjang jalan ada beberapa booth penjual cilor.
Apa sih cilor ini ? Cilor itu singkatan dari aci telor. Aci yang dimaksud adalah aci yang dibuat seperti cilok. Ya benar cilok karena adonannya sama persis. Hanya penyelesaiannya saja yang berbeda. Jika cilok adalah aci rebus yang dicolok bumbu kacang, cilor adalah aci rebus yang dicampur makaroni kemudian dipanggang dan disiram telor kocok. Selanjutnya diberi bumbu tabur aneka rasa. Awalnya dulu saya beli di abang cilor yang pake gerobak. Selang setahun kemudian banyak sekali penjual cilor makaroni menggunakan booth. Selain cilor makaroni ada juga otak-otak, mi lidi atau bihun. Dari semua itu anak saya paling ngefans sama cilor makaroni. Kalo dipikir ini mirip seperti orak arik karena pake telur juga. Setelah matang diberi bumbu tabur. Jika menyukai pedas, si penjual akan bertanya level berapa yang diinginkan. Biasanya cilor makaroni dibuat menggunakan cetakan kue lumpur. Tapi atas nama praktis dan efisien saya pake wajan anti lengket saja. Biar cepet selesai hihi.... Dan sekarang karena sudah bisa bikin sendiri, kalo disuruh beli ogah ah. Boros wakakakaaa.... Bumbu taburnya beli yang siap pakai. Di pasar komplek kebetulan ada penjualnya. Bumbu tabur ini biasanya saya beli di kios sembako atau yang jual bahan kue.
Yuk kita bikin cilor makaroni yuk. Asli bikin kenyang lhoooo 👍👍👍👍

Bahan :
100 gram tepung aci/tapioka/kanji
100 gram tepung terigu
¼ sdt garam
4 siung bawang putih dihaluskan
1 batang daun bawang, diiris tipis
100 ml air mendidih untuk adonan
200 gr makaroni sayur (bukan makaroni goreng ya)
6 butir telur dikocok lepas
garam dan merica bubuk secukupnya

secukupnya air untuk merebus dan merendam adonan
cabe bubuk atau bumbu tabur aneka rasa
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Aci rebus : siapkan wadah, masukkan tepung aci, tepung terigu, bawang putih, irisan daun bawang dan garam lalu aduk rata. Tuang 100 ml air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk rata menggunakan sendok kayu atau sendok tahan panas. Setelah hangat, uleni adonan dengan tangan hingga rata dan kalis. Kemudian ambil sedikit adonan, gulung-gulung memanjang seperti tali hingga adonan habis. Potong potong ½cm. Taburi tepung tapioka/aci/kanji supaya tidak lengket. Kerjakan sampai adonan habis.
2. Didihkan air secukupnya lalu rebus adonan tadi hingga mengapung, angkat dan rendam dalam wadah yang berisi air dingin supaya tidak lengket.
3. Setelah itu rebus makaroni sampai matang. Angkat dan langsung direndam air dingin juga supaya tidak lengket. Tiriskan aci dan makaroni, campur keduanya dalam satu wadah, aduk rata, sisihkan.
4. Pecahkan 2 butir telur, beri garam dan merica sejumput, kocok menggunakan garpu asal rata, sisihkan.
5. Panaskan 1 sdm minyak goreng di atas pan datar anti lengket, kemudian tuang 1/3 bagian campuran aci makaroni. Biarkan bagian bawahnya sedikit berkerak. Selanjutnya siram dengan telur kocok.
6. Masak hingga telur agak kering bagian bawahnya. Selanjutnya aduk-aduk seperti orak-arik (scramble egg) agar matang merata. Taburi dengan bumbu tabur secukupnya​, aduk-aduk supaya rata. Angkat dan siap untuk disajikan. Tambahkan bumbu tabur lagi jika perlu. Sajikan hangat.

Note :

* Supaya cilor makaroni terasa gurih, panggang sampai bagian bawahnya agak berkerak. Ini yang membedakan cilor dengan orak arik. Jika orak arik biasanya rada lembab atau sedikit basah, cilor rasanya lebih garing (kering). Rasa garing ini memberikan nilai lebih setelah dicampur dengan bumbu tabur. Untuk itu atur apinya sedemikian rupa supaya tidak hangus.

* Penggunaan telur sesuai selera ya. Mau diberi sedikit boleh, dikasih banyak alhamdulilah, karena semakin enak rasanya 😋😋😋



 رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“.... Ya Rabb kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir” (QS. Al Baqarah: 250)

10 komentar:

  1. Wah, saya baru tahu ada makanan kayak gini, mba Rina. Makasih banyak ya, infonya.

    Ima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini makanan juga baru setahun saya tau. Tapi beberapa bulan terakhir jadi booming. Yuk bikin yuk. Lumayan buat ngirit duit jajan. Kalo beli seporsi 5 ribu di dekat rumah 😁😁😁

      Hapus
  2. Enaaak, mau banget nyobain resep cilor makaroni ini. Hheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin. Banyakin telor sama bumbu taburnya biar enak. Apalagi yang doyan pedes, wajib hukumnya pake cabe bubuk 😋😋😋

      Hapus
  3. Di Medan gk ada aci2 gini mba. Pernah coba bikin cireng. Ampun deh...keras bgt. Bisa patah gigi dibuatnya hahaaa...
    Klo cilok blm pernah coba. Abis takut keras lg....

    RINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo keras bisa jadi salah resep. Coba resep Rujak Cireng di blogku ini. Pernah booming tuh resepku di fb. Banyak yang cocok soalnya. Hasilnya krauk krauk jika masih anget. Setelah dingin gak terlalu liat kayak sandal jepit wakakak 😂😂😂😂 gunakan tepung aci kualitas baik ya. Kalo di Ciledug biasa pake merk Pak Tani.

      Kalo cilok, perbandingan terigu dan aci yang sama akan menghasilkan cilok yang tidak alot. Semakin banyak aci, makin alot/keras ciloknya. Sebaliknya makin dikit aci yang digunakan, hasilnya lembek. Lengket di gigi malahan. Yuk cobain dulu biar tau rasa cilok dan cireng yang enak...

      Hapus
  4. Gk ada tepung aci dan sagu tani di sini mba. Klo tapioca merk bukan sagu tani bs gk mba?

    RINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. In syaa allah bisa yang penting tapioka kualitas bagus ya

      Hapus
  5. belum nyampe batam yang ginian..
    kayaknya enak juga nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk bikin yuk biar kekinian. Sapa tau setelah bikin cilor di blog, ntar batam ada cilor juga 😊😊😊

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.