Laman

Senin, 05 September 2016

Fermented Rice Marble Cake alias Cake Marmer Tape Nasi (No Food Additivies)

Assalamu'alaykum


Pernah nggak bikin tape nasi ? Saya bolak balik bikin untuk menghabiskan sisa nasi di rumah.
Biasanya ya dibikin cake sesuai permintaan orang rumah. Cuma nggak pernah didokumentasi karena cepet habis. Sekarang bikin lagi. Kangen. Dulu pernah share resepnya di fb. Sedikit beda sih karena resepnya saya modif dikit. Yang ini pake santan biar gurih rasanya. Setelah matang, enak. Cukup mengenyangkan karena ada tambahan tape nasi di dalamnya. Cake ini dibuat menggunakan tipe butter cake atau pound cake. Jadi nanti hasilnya padat gitu ya.

Bahan :
250 gr tape nasi *)
3 butir putih telur
1/4 sdt garam halus
150 gr mentega
125 gr gula kastor (gula pasir berbutir kecil) --. jika suka manis, boleh ditambah
3 butir kuning telur
50 ml santan kental kemasan
200 gr terigu serbaguna
50 gr tepung jagung/maizena
1 sdm coklat bubuk larutkan dalam 1sdm air panas

Cara.membuat :
1. Siapkan loyang bulat 20x4 cm, alasi dasarnya dengan kertas roti dan olesi dengan mentega. Sisihkan Panaskan oven suhu 180 derajat C. 
2. Kocok putih telur dan garam menggunakan electric mixer sampai kaku. Jika mangkuk adonan dibalik tidak tumpah --> disebut meringue. Sisihkan.
3. Kocok mentega dan gula sampai lembut dan berubah warna menjadi putih atau pucat.
4. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok menggunakan speed rendah. Tuangkan santan ke dalamnya, kocok sampai rata.
5. Menyusul tape nasi, kocok sampai rata. Tambahkan terigu dan tepung jagung, masukkan sambil diayak. Kocok dengan speed rendah.
6. Masukkan meringue dalam 3 tahap, aduk menggunakan spatula (hand whisk juga ok) sampai rata. Ambil adonan sebanyak 2 sendok makan dan beri larutan coklat, aduk rata.
7. Tuang adonan putih ke dalam loyang kemudian menyusul adonan coklat di atasnya. Buat motif marmer menggunakan lidi atau garpu.
8. Panggang dalam oven selama 45- 50 menit sampai matang. Lakukan test tusuk dengan lidi. Jika keluar bersih artinya telah matang. Jika adonan masih menempel pada lidi, panggang kembali selama 5-10 menit sampai matang.

Notes :
*) Tape nasi ini saya buat menggunakan 250 gr nasi dingin yang dicampur dengan 1/4 - 1/2 sdt ragi tape yang telah dihaluskan.
* Biasanya ragi tape berwarna putih dan berbentuk bulat. Haluskan dulu kemudian baru ditakar dengan sendok. Ragi ini mudah didapatkan di pasar tradisional ya.
* Setelah tercampur rata masukkan dalam box plastik atau kaca, tutup rapat dan biarkan selama 3 hari di suhu ruang yang hangat. Atau bisa juga dimasukkan dalam kantong plastik bening, ikat rapat dan simpan di tempat yang hangat. Paling bagus alasi dahulu box dengan daun pisang supaya wangi aroma tapenya.
* Sebelum 3 hari jangan sekali sekali dibuka karena udara yang masuk akan menganggu proses fermentasi dan mengakibatkan tape jadi asam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.