Laman

Minggu, 04 September 2016

Nasi Liwet Teri

بسم الله الرحمن الرحييم
Assalamu'alaykum


Mumpung cheating day saya bikin Nasi Liwet Teri nih. Olahan nasi yang jadi favorit di rumah beberapa bulan terakhir.
Saya sudah bikin beberapa kali. Ini disebabkan ketika di kantor, bapaknya anak anak diajak makan bersama dengan nasi liwet teri ini. Kebetulan di kantor suami ada yang bawa rice cooker (biasanya kalo yang seperti ini pasti ibu ibu hihi....). Kemudian temannya bikin nasi liwet ini. Ternyata beliau suka. Setelah sampai di rumah, bapaknya anak anak cerita dan meminta saya untuk bikin. Ok, but let your wife to find the references on google first. Setelah baca sana sini akhirnya dibikin aja waktu weekend. Dan kata suami, enaaaakkkk. Alhamdulilaah. Ini nasi yang sederhana bikinnya. Kita bisa menggunakan rice cooker biar cepat. Nasi dan air yang telah diberi tumisan bawang merah dan putih beserta teri goreng dimasak bersama sampai matang. Selain itu dimasukkan pula bahan sambal seperti bawang merah, bawang putih dan cabai dalam keadaan utuh sampai matang. Jadi irit panci atau wajan, gak perlu nambah cucian . Setelah matang sajikan dengan pelengkap tahu, tempe, ayam goreng dan bihun goreng. Plus lalapan. Kebayang sedapnya kan, maa syaa allaah...


Bahan nasi liwet :
500 gr beras
650 ml air (jumlah air tergantung jenis beras yang dipakai)
1 sdm margarine
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
75 gr ikan teri --> saya campur antara teri medan dan teri jengki, bebas pakai teri jenis apa saja
1-2 sdt garam

Bahan sambal :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
25 buah cabe merah keriting (boleh ditambah cabe rawit jika suka lebih pedas)
Garam dan gula secukupnya (boleh juga pakai terasi jika suka)

Pelengkap :
Tahu goreng
Tempe goreng
Ayam goreng
Bihun goreng
Lalapan (ketimun, tomat, kemangi, kol/kubis dll)

Cara membuat :
1. Cuci beras sampai bersih, masukkan ke dalam mangkuk rice cooker. Tuangi air, sisihkan.
2. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih dengan margarine sampai wangi, masukkan ke dalam beras. Goreng teri sampai matang, masukkan juga ke dalam beras. Beri garam, aduk rata.
3. Menyusul bahan sambal dalam kondisi utuh, bawang merah, bawang putih dan cabe. Nyalakan rice cooker dan biarkan sampai matang.
4. Setelah matang angkat bahan sambal, letakkan dalam cobek. Tambahkan garam dan gula, haluskan.
5. Sajikan nasi liwet teri bersama sambal dan pelengkap.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.