Laman

Kamis, 01 September 2016

Mie Goreng Otak-Otak

Assalamu'alaykum


Beberapa hari ini saya mati ide untuk menu makan di rumah.
Sebenarnya saya pingin menyusun menu makan sehari hari biar nggak bingung jika pas mati gaya. Tapi ya gitu deh cuma jadi angan angan belaka. Pada akhirnya ketika belanja di tukang sayur, nggak jarang cuma mengelilingi gerobak sayurnya doang dan nggak jadi beli hihi....kasian mbak sayurnya deh kalo sering dapat pembeli model begini. Akhirnya ketika mata saya tertumbuk pada otak otak ikan, seketika muncul ide untuk bikin mi goreng saja. Pasti enak nih mi goreng pakai otak-otak. Resep yang digunakan adalah mi goreng basah, sama dengan yang ada di blog ini. Cuma isinya divariasi dengan otak-otak saja.

Bahan :
1 bungkus (140gr) mie telur kering
5 bh otak-otak ikan, potong serong
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
175 ml air
5 batang sawi, iris 2 cm
5 buah bakso sapi, dipotong sesuai selera
1 bh tomat merah, potong kasar
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/8 sdt merica bubuk
bawang goreng untuk taburan 

Bumbu halus :
1 sdt ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus mie telur sampai matang, tiriskan dan sisihkan.
  2. Goreng otak otak ikan sampai matang, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi dan agak kering. Masukkan daun bawang, kecap ikan, saus tiram, kecap manis dan 75 ml air. Aduk-aduk sampai mendidih dan mengental.
  4. Tuangkan sisa air, bakso, otak otak goreng dan tomat. Bumbui garam, gula dan merica. Setelah mendidih koreksi rasanya.
  5. Terakhir masukkan sawi dan mie yang telah direbus, aduk sampai rata dan air agak mengering. Jika air terlanjur kering boleh ditambah sedikit lagi. Matikan api. Angkat mie dan selagi panas sajikan bersama bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.