Halaman

Rabu, 31 Agustus 2016

Cheddar Cheese Cotton Cake

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu'alaykum


Berapa tahun ya saya nggak bikin cotton cake ? Sebelum punya blog sempat bikin beberapa kali. Rindu deh rasanya.
Ini gegara bapaknya anak anak memintanya setelah kemarin dibagi sponge cake oleh tetangga yang selesai hajatan. "Kapan kamu bikin cake lagi ? Sudah lama banget nggak bikin" begitu katanya. Ok boss, i will do what you want. Akhirnya liat simpanan resep dan saya langsung kepingin bikin cheese cotton cake. Cake yang proses pembuatannya cukup bikin deg degan jika belum mahir benar karena sedikit tricky memang. Pengocokan putih telur yang sempurna adalah kunci sukses pembuatan cotton cake. Jika pernah sukses membuat chiffon cake, tidak akan ada kendala yang berarti lagi. In syaa allaah bisa. Karena chiffon menggunakan putih telur kocok juga. Setelah matang, cake benar benar enak. Ringan, spongy, wangi dan ngejuuuuu...... maa syaa allaah. Gimana, siap bikin cotton cake ? Ayo bikiiiiinnnn. Setelah sukses jangan kapok ya. Maksudnya jangan kapok beresin cucian yang seabrek hahahahaaa......


Bahan :
50 gr margarine / butter
65 gr tepung terigu protein sedang atau rendah
75 ml susu cair
5 btr kuning telur
100 gr cheddar cheese, parut halus
75 gr gula tepung
5 butir putih telur
1 sdm lemon juice/lime juice/cuka

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 170deg C. Siapkan loyang bulat diameter 20cm tinggi 7cm. Alasi dasar loyang (dasarnya saja) dengan kertas roti tanpa dioles margarin sama sekali baik loyang maupun kertasnya. Siapkan loyang yang lebih lebar dan air mendidih untuk steam bake. Sisihkan.
2. Lelehkan margarine/butter, matikan api lalu masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata menggunakan hand whisk, tuang ke dalam mangkuk besar, sisihkan.
3. Campurkan susu ke dalam kuning telur, aduk rata lalu masukkan kedalam adonan margarin dan tepung tadi ( adonan pertama ). Aduk rata. Masukkan keju parut. Aduk kembali hingga rata, sisihkan.
4. Masukkan loyang berisi air mendidih ke dalam oven.
5. Dalam mangkuk lain yang bersih, kering dan bebas dari air ataupun minyak, kocok putih telur dan lemon juice hingga mengembang dan berbusa. Gunakan mixer electric. Masukkan gula tepung dalam 3 tahap. Kocok lagi sampai mencapai soft peak ( adonan membentuk tanduk saat baling baling mixer diangkat) --> meringue
6. Campurkan meringue ini ke adonan keju dalam 3 tahap. Aduk kembali hingga rata.
7. Tuang dalam loyang. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan. Gunakan metode steam bake (water bath/au bain marie) selama 50 menit. Ingat ya, selalu kenali oven masing masing. Lama pemanggangan bervariasi tergantung pada oven yang digunakan.
8. Setelah matang, matikan oven dan buka sedikit pintunya. Biarkan cake didalamnya selama 10 menit untuk menghindari penyusutan yang berlebihan. Keluarkan dari oven. Kikis bagian sisinya menggunakan pisau tipis dan tajam. Selanjutnya balik di atas cooling rack. Potong cake setelah dingin.

Note :
* Metode steam bake yang saya gunakan adalah meletakkan loyang berisi air mendidih di rak bawah. Sedangkan loyang adonan diletakkan di rak atasnya. Jadi loyang adonan tidak diceburin ke dalam air mendidih karena loyang yang dipakai ada sambungannya. Dijamin merembes ke dalam loyang tuh air dan pasti bantat cakenya.
* Pastikan air mendidih yang digunakan tidak kering sebelum cake matang. Jika sampai kering akan mengakibatkan tekstur kurang lembut.



اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

"Ya Allaah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfa'at, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.