Eggless Coconut And Banana Cake

Assalamu'alaykum



Ketika jemput anak sekolah saya kok tergiur dengan gerobak pisang yang mangkal di dekat pasar komplek.
Warnanya yang kuning cantik membuat saya berhenti seketika dan beli pisang uli. Alhamdulillah dapat 2 sisir yang bagus seharga 15 ribu rupiah. Segera deh kepikir bikin cake pisang tanpa telur. Ini dalam rangka mengobati rasa rindu teman teman DapurManis yang menginginkan variasi cake tanpa telur. Resepnya mudah kok menggunakan metode buttercake. Supaya gurih ditambah santan dan kelapa parut segar.  Kelapa parut berfungsi sebagai pengganti keju jika tidak ada stock. Karena cake ini menggunakan metode buttercake, adonan yang terbentuk sangatlah pekat. Disarankan menggunakan loyang lebar supaya cepat matang. Saya menggunakan ukuran 20x20 cm dan butuh waktu 70 menit. Jika ingin lebih cepat matang gunakan ukuran 22x22 cm atau lebih. Jika loyang terlalu kecil, cake akan lebih tebal/tinggi. Dikhawatirkan bagian dalam susah matang jika sangat tebal. Jika suka boleh juga diberi kismis atau kurma. Setelah matang dinginkan dahulu supaya tidak hancur ketika dipotong. Hal ini karena ada parutan kelapa di dalamnya yang membuat tekstur agak crumbly (beremah).

Bahan :
250 gr terigu serbaguna
50 gr tepung jagung/maizena
1 sdt baking powder
250 gr butter tawar
150 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
1/8sdt vanili bubuk
150 gr kelapa parut segar
200 ml santan sedang (100ml santan kental kemasan + air)
1 sisir pisang uli (600-700 gr tanpa kulit), potong dadu

Cara membuat :
1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi minyak/butter. Sisihkan. Panaskan oven suhu 160 derajat C.
2. Campur dan ayak jadi satu terigu, tepung jagung, dan baking powder. Sisihkan.
3. Dalam wadah besar kocok butter dan gula pasir menggunakan mixer speed tinggi sampai pucat dan sedikit mengembang.
4. Masukkan kelapa parut dan kocok lagi sampai rata.
5. Masukkan santan dan campuran terigu berselang seling, sambil dikocok speed rendah sampai rata. Matikan mixer. Adonan yang terbentuk sangat kental dan pekat.
6. Masukkan pisang dadu, aduk menggunakan spatula. Tidak perlu  lama mengaduknya, asal pisang terbalut adonan sudah cukup.
7. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 60-70 menit. Tes tusuk menggunakan lidi. Jika masih menempel, tambahkan waktu panggang 5-10 menit.

 

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Hi mba Rina...aq udh sering mampir ke sini dan coba beberapa resep cake mba Rina. Alhamdulillah sukses,euy! Oiya mba...ini bedanya klo pake telur sm eggless apa mba? Lebih enak mana mba? Salam kenal dr Rini di Medan ya mba...

Salam kenal Rini di medan
Syukur kalo sukses. Ih seneng deh dapat laporan kayak gini. Membuat diriku semangat sharing resep baru kepada teman-teman DapurManis.
Kalo pake telur jelas lebih enak. Resep ini bisa pake 5 butir telur utuh, kuning dan putih semua.. Santan dikurangi ya. Pake 50-100 ml yang kental tanpa air tambahan. Pokoknya adonan dibuat harus kental dan pekat supaya pisang nggak tenggelam ke dasar loyang ya.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon