Halaman

Sabtu, 16 April 2016

Spiced Bread Puding

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرًَحِيْمِ
Assalamu'alaykum


Lama nggak mengudara di blog kok ya kangen hihi...Maaf jika terlalu lama absen sehingga mengecewakan para pembaca karena belum update resep baru.
Kali ini saya nongol lagi sambil bawa puding roti. Jangan bosen yah dengan puding roti gini. Soalnya di rumah pada doyan sih. Salah satu olahan puding roti yang sedap, yang beraroma rempah. Asli deh syuka dengan aroma puding rempah ini. Nggak perlu waktu lama untuk membantainya sampai ludes (kejaaaaamm...). Resepnya mirip dengan yang dulu dulu kok, cuma dimodif sedikit saja.

Bahan :
10-12 lembar roti tawar berkulit
600 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa
125 gr gula palem
1 batang kayu manis
2 butir cengkih
2 butir kapulaga
1/8 sdt garam
1-2 sdm gula pasir --> jika diperlukan
2 butir telur utuh, kocok mengunakan garpu asal rata
2 sdm tepung jagung, larutkan dalam sedikit air dingin
1-2 genggam kismis, rendam air hangat sampai lunak, tiriskan
2-3 genggam almond slice

Cara membuat :
  1. Potong-potong atau robek roti tawar menjadi bagian-bagian kecil. Siapkan loyang oval volume 1,6 liter, olesi mentega/margarin. Tata roti di dalam loyang. Sisihkan. 
  2. Siapkan Light&Hard Frying Pan dari Lock&Lock diameter 26 cm. Masukkan ke dalamnya santan, gula palem, kayumanis, cengkih dan kapulaga. Nyalakan api dan rebus sampai mendidih serta gula menjadi larut. Aduk terus selama merebus supaya santan tidak pecah. Matikan api, Segera masukkan garam aduk rata. Koreksi rasanya. Jika kurang manis, tambahkan gula pasir selagi masih panas, sehingga gula mudah larut. Biarkan dingin.
  3. Setelah dingin disaring kemudian masukkan telur dan larutan tepung jagung, aduk rata kembali. Dengan menggunakan sendok besar, siramkan larutan santan di atas roti dan biarkan roti terendam selama 15 menit.
  4. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C. Taburkan kismis dan almond slice di atas adonan roti. Panggang dalam oven selama 45 menit sampai matang. Lama pemanggangan tergantung oven masing-masing ya. Keluarkan dan dinginkan.
Notes :
* aneka rempah yang digunakan pada resep di atas bisa diganti bumbu spekoek sebanyak 1/2-1 sdt atau sesuai selera. Rebus bersama santan kemudian disaring.
* puding ini selain dipanggang, bisa juga dikukus. Jadi kalo nggak punya oven, dikukus aja. Panaskan dulu kukusannya kemudian masukkan adonan ke dalamnya. Ketika dikukus akan naik membubung tinggi dan setelah dikeluarkan akan mengempis.
* jika menginginkan puding panggang yang lembut, panggang dengan cara steam bake atau au bain marie atau ditim. Tau kan ya caranya. Kalo belum caranya gini, panggang loyang adonan di rak tengah kemudian rak bawahnya diberi loyang berisi air panas/mendidih. Cara ini akan mematangkan adonan tapi tidak membuatnya jadi kering. Jika belum pernah, cobain deh. Pasti ada bedanya.

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗإِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ


.Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya
Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang
[QS. An-Nahl: Ayat 18]
 

4 komentar:

  1. enak enak ini, menggoda mata... duh jadi laper pengen ngemil lihat beginian, he he he....
    belum pernah aku buat puding roti pakai bumbu rempah begini mba, wah mantap idenya, siapa tau mood ntar buat juga, mumpung ada bumbu spekuk baru beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, met bikin ya. Dipakein santan gini jadi gurih lho daripada susu.

      Hapus
  2. Nyam kebayang banged sedapnya ni mba. Makasi share resepnya ya. Pengen coba insyaAllah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mb selma. Met nyobain yah....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.