Laman

Selasa, 29 Maret 2016

Gulai Buncis Tauco

 ِبِسْمِ اللهِ الرَّ حْمنِ الرّّ حِيمْ

 Assalamu'alaykum


Salah satu resep yang sudah jadi incaran saya beberapa bulan lalu. Penasaran sih seperti apa rasa gulai buncis tauco ini.
Jika saya ke rumah makan padang biasanya saya pesen rendang, karena itu favorit saya. Tapi ogah bikin sendiri karena masaknya yang luama sampai berjam-jam. Berhubng pingin masak yang cepet, kemarin saya eksekusi aja resep ini. Hasil ngintip dari blognya mb Monica Rampo nih. Masak sayur dan lauk yang dijadikan satu gini memang jadi andalan, karena cepet dan praktis. Jadi waktu yang tersisa bisa untuk eksekusi resep yang lain atau mantengin laptop seharian hahahaaa.....makanya sering kena sakit mata dan minusnya nambah terus. Setelah matang huenak sodara-sodara. Dimakan pake nasi anget maa syaa Allaah nikmatnyaaaa....

Gulai Buncis Tauco Khas Minang
Sumber : Monica Rampo

Bahan :
200 gr tempe, potong dadu
200 gr tahu, potong dadu
8 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
3 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
2 cm jahe, iris tipis
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
5 bh cabe merah keriting, iris serong tipis
5 bh cabe hijau besar, iris serong tipis
200 gr daging ayam, potong dadu
100 ml air
250 gr buncis, iris miring tipis
3 sdm tauco
Cabe rawit utuh, secukupnya (lupa nggak pake)
200 ml santan encer
Garam (jika perlu, karena tauco sudah asin)

Cara membuat :
  1. Goreng tahu dan tempe secara terpisah sampai matang. Angkat dan tiriskan. 
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, serai, jahe, lengkuas dan daun salam sampai wangi.Masukkan semua cabe, aduk rata. Tumis sampai keluar aromanya. 
  3. Menyusul daging ayam dan air, masak sampai ayam matang dan air habis.
  4. Masukkan tahu dan tempe. 
  5. Terakhir masukkan buncis, tauco, cabe rawit dan santan. Beri garam. Didihkan dan koreksi rasanya. Setelah matang, angkat dari api.

4 komentar:

  1. aih mba Rina buat gulai buncis tauco ini...duh jadi pengen makan lagi...secara tauco dimasak gini emang endess...
    eh tapi tauco dimasak apa aja enak ya mba...dicampur tahu pasangan yang klop he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin lagi. Enyak banget ya meski sederhana. Menu ginian nih aku ngefans habis. Makacih ya tuk resepnya yang lazis

      Hapus
  2. Hmmm... sedep.bgt pastinya ya...

    Aku.dh mulai posting lg nih mba... hehehe...
    Malas berkepanjangan ...
    :_((

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyaaaa bu gulu Linaaaa....maa syaa allaah
      apa kabar buk ? Udah aktif ngeblog lagi ya ? Ntar eike sambangi blognya ya, in syaa allaah.....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.