Halaman

Senin, 23 November 2015

Sayur Masak Keluak

Assalamualaykum


Masih rada-rada bingung mau masak apaan setelah lama absen ngeblog. Ketika lihat di dapur masih ada 2 butir keluak, ingin segera menghabiskan biar nggak mubazir.
Apalagi di kulkas ada telur puyuh permintaan anak saya, pingin deh segera mengeksekusinya. Terus di freezer ada kaldu ayam kuning, sekalian aja deh dicemplungin. Hasil akhirnya adalah sayur yang warnanya agak kekuningan.Tidak hitam pekat seperti umumnya sayur yang menggunakan keluak thok. Malah jadi cantik penampilannya. Jadi kalo di rumah punya kaldu ayam kuning, jangan dibuang ya. Bisa dibekukan di dalam freezer untuk masak yang lain. Paling gampang sih dipake buat ngungkep tahu tempe kemudian digoreng. Jadi enak dan gurih lho tahu tempenya. Selain itu bisa untuk masak soto, atau misoa goreng. Dijamin laziz deh misoa goreng direbus pake kaldu ayam. Ok sekarang intip resepnya yang sederhana tapi teteeeep uenak.

Bahan :
20 butir telur puyuh rebus, kupas kulitnya
3 batang wortel, potong bulat
200 gr buncis, siangi, potong 2-3 cm
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun jeruk purut
200 ml kaldu ayam kuning
400 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1-2 sdt garam
2-3 sdt gula pasir/gula merah
1/2 sdt merica bubuk

Bumbu halus :
2 butir keluak, pecahkan tempurungnya, keruk isinya, rendam air panas sampai lunak
1 sdt ketumbar
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Panaskan sedikit minyak di atas wajan. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Aduk sampai matang dan agak kering. Jangan ditinggal ya, aduk terus supaya tidak hangus. 
  2. Masukkan kaldu ayam dan santan. Menyusul garam, gula dan merica. Didihkan.
  3. Setelah mendidih masukkan semua bahan, telur puyuh rebus, wortel dan buncis. Didihkan sekali lagi dan koreksi rasanya. Matikan api dan siap untuk disajikan.

7 komentar:

  1. Ngiler mba...serius...mana belum makan dari tadi malem..duh lihat yang beginian...
    sudah ngebayangin nih makan dengan nasi hangat...tamboh ciek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa....emang kok kalo perut lafar liat makanan jadi mupeng banget.
      Btw kenapa sejak semalam belum makan ? Diet ya...

      Hapus
    2. ha ha ha mba Rina tau aja, iya nih mba sejak ngeblog, akibatnya fatal, bb naik ga kira2 ha ha ha...
      harus mulai diet neh....

      Hapus
  2. aku juga gitu,kl ada kaldu ayam,masukin freezer buat ngungkep tahu tempe^^

    BalasHapus
  3. Hi Mba Rina! Salam kenal, saya Ashila, Public Relations LOCK&LOCK Indonesia. Saya sudah 2x mengirimkan email ke Mba Rina dgn alamat rinaaudie@yahoo.com tapi sepertinya selalu failed ya Mba huhu apakah ada kontak lain yg bisa dihubungi Mba? :) Saya tunggu infonya yaa. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. namanya baru dengar, hehe. keluak :D

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.