Halaman

Sabtu, 21 November 2015

Moist And Tender Marble Cake

Assalamualaykum


How are youuu....saya kembali lagi lhooooo.....Lama ya nggak ngeblog. Kena virus males rada berat nih hihi....
Cukup akut karena lebih dari 20 hari nggak buka blogger sama sekali. Kok kuat yah, hihi....Ini disebabkan mata yang nggak mau kompromi liat laptop terlalu lama. Karena sakit yang tidak tertahan, saya periksa mata dan ternyata minusnya bertambah. Huwaaaaa...pantesan. Saya sempat kehilangan mood baking dan cooking juga. Sebagai akibatnya saya nggak masak, jadinya jajan mulu. Lama-lama kok bosen kalo jajan. Tetep aja lebih nikmat makan hasil tangan sendiri.

Sebagai pemanasan saya bikin cake aja biar semangat ngeblog lagi. Ketika liat blognya Cleobuttera (ciamik deh namanya dan saya suka. Kalo diucapin kedengaran centil gitu hihi....) dan liat picnya itu lho yang bikin saya ngiler seketika. Cake ini tipe buttercake. Tau kan yang namanya buttercake ? Itu lho yang proses pengocokannya mentega dan gula duluan baru telur dan bahan lain dimasukkan. Secara tekstur, ini nggak berat lho. Malah rada ringan (padahal di blognya Cleobauttera keliatan rada padat). Saya suka karena lembut dan rich. Kaya rasa akan lemak darimentega. Tapi saya tau diri kok, nggak makan banyak biar nggak protes ini badan hehe...

Secara umum saya suka dengan resep ini. Agak spongi (karena baking powdernya rada banyak), rich tapi nggak eneg. Sour cream saya ganti dengan homemade butermilk karena nggak ada sour cream di rumah (kagak penah beli soalnya). Penggunaan baking powder cuma 2 sdt dari yang seharusnya 2,5  sdt. Untuk mendapatkan cake yang bertekstur lembut dan tidak berongga, JANGAN kocok mentega terlalu lama ! Apalagi pake baking powder agak banyak gini. Sudah pake pengembang banyak, ngocoknya sampe pol ngembang lagi. Ini akan membuat butercake jadi kasar, dan berongga karena kebanyakan udara yang masuk. Jadi kocok mentega sebentar saja. Asal berubah warna sudah cukup. Selain itu teksturnya lembut karena penggunaan tepung jagung agak banyak. Gula pasir saya kurangi supaya tidak terlalu manis dan telur saya pake 3 butir utuh. Biar nggak ada putih telur yang tersisa.


Moist And Tender Marble Cake
Sumber : Cleobuttera
Modif : Rina Audie

Bahan :
210 gr terigu serbaguna
40 gr tepung jagung/maizena
2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam halus
180 gr homemade buttermilk (165 gr susu cair + 1 sdm air jeruk nipis/lemon)
60 ml susu cair
227 gr mentega tawar
250 gr gula pasir (aslinya 300 gr)
3 butir telur utuh
1/8 sdt vanili bubuk

Adonan coklat :
2 sdm susu cair
1 sdm mentega
1 sdm gula pasir
2 sdm coklat bubuk
1/8 sdt soda kue

Cara membuat ;
  1. Siapkan loyang ukuran 22 cm tinggi 10 cm, olesi margarin dan taburi tepung terigu sampai rata. Sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
  2. Campur jadi satu terigu, tepung jagung, baking powder, soda kue dan garam halus sampai rata, sisihkan.
  3. Campur homemade buttermilk dan susu cair, sisihkan.
  4. Dalam wadah besar, kocok mentega sampai lembut selama 2-3 menit menggunakan speed rendah-sedang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai berubah pucat, putih dan terlihat sedikit mengembang. Gunakan speed medium-high ya.
  5. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai benar-benar rata
  6. Masukkan campuran tepung sambil diayak, bergantian dengan susu + buttermilk. Awali dengan tepung dan akhiri dengan tepung juga. Jangan overmix yah. Matikan mixer. Aduk rata dengan spatula sampai ke dasar wadah, sambil memastikan adonan benar-benar sudah rata. Sisihkan.
  7. Adonan coklat : ambil pan datar anti lengket, tuang susu, mentega dan gula, nyalakan api kecil dan biarkan gula larut. Matikan api. selagi panas masukkan coklat bubuk, aduk sampai rata, berbentuk seperti pasta dan tidak berbutir-butir. Masukkan soda kue dan aduk rata kembali.
  8. Campur adonan coklat ini dengan 1,5 cups adonan putih (bisa dikira-kira sesuai selera ya. Pake takaran sendok sayur juga boleh kok). Aduk sampai rata.
  9. Tuang adonan putih ke dala loyang kemudian letakkan adonan coklat diatasnya secara acak. Dengan menggunakan pisau/lidi/tangkai sendok, bentuk pola marmer berbentuk 'S'.
  10. Panggang dalam oven selama 40-50 menit sampai matang. Lakukan tes tusuk dengan lidi. Jika keluar bersih artinya sudah matang. Jika masih ada remahan menempel lanjutkan memanggang 5-10 menit lagi. Keluarkan dari oven dan biarkan didalam loyang selam 5-10 menit. Balik cake di atas rak pendingin. Setelah dingin, potong dan sajikan.

10 komentar:

  1. Mba Rina...
    akhirnya dirimu muncul juga, virus malesnya kuat ya, sampe 20 hari ga ngeblog, hi hi hi
    waduh, jadi nambah minus ya mba..jadi mata sakit n merah berair itu krn nambah minus ya mba? Sekarang sudah sembuh kan mba? He2 asal ga bandel aja ya liatin laptop berjam2, ha ha ha..
    sekalinya muncul dgn resep cake yang menggoda, wah kalau butter cake favorit nih mba..bookmark

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb monicaaaaa...peyuk-peyuuuukkkkk. Iya aku emang bandel kalo ngedep laptop. Kalo diturutin bisa seharian tuh liatin laptop. Entah browsing atau fban (lebih sering silent reader sih), ngintip twitter, ngintip instagram. Wis pokoke ngeyel deh hahahaaaa....
      Ini buter cake layak dicoba kok. Meski buttercake tapi nggak padat. Cenderung spongy dan lembut. Sedikit beremah sih kalo belum dingin beneran, karena baking powdernya rada lumayan pakenya.

      Hapus
  2. jujur sy kalo makan roti model ginian kursng suka kalau nggk dicelup ke susu... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja dicelup susu biar makannya nggak seret ya Kang. Malah lebih sedep rasanya

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum bunda rina... ak baru blajar nich main2 di blog. maklum ibu rt tulen... salam kenal ya bunda. jg salam kenal buat smuanya... :-)

    BalasHapus
  4. resepnya endesss deh pokokna,, sy sdh coba makasi mba rina

    BalasHapus
  5. resepnya endess mba,, texturnya ga halus tp disitu sensasinya rasa gurih+manisnya pas,, makasi mba rina

    BalasHapus
  6. Waah...akhirnya...kangeen dg posting an Mbak Rinaa ^^

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.