Laman

Rabu, 14 Oktober 2015

Tahu Kukus Bungkus Tum

Assalamualaykum


Masak tahu lagiiii. Kali ini saya menuruti request anak laki untuk bikin pepes tahu. Kalo pepes biasanya dibungkus bentuk lonjong.
Berhubung persediaan lidi penyemat terbatas, akhirnya saya bungkus tum biar hemat lidi hehe...(ketauan males motongin lidi). Bumbu yang digunakan standar kok seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan kemiri. Sebagai penyedap saya beri teri medan dan rebon. Kenapa dicampur ? Karena, stok terinya terbatas juga hihi.... Niatnya mau pake kemangi, tapi musim kemarau begini saya kesulitan nyari kemangi. Pada mati kali ya pohon kemanginya karena kurang air. Sebagai alternatif saya beri irisan daun bawang agak banyak biar sedep. Setelah matang duh enaknya. Dimakan bersama nasi anget lazis banget. Meski sederhana tetep aja nikmat. Alhamdulillah...

Bahan :
450-500 gr tahu putih/kuning
75 gr teri medan
25 gr rebon
2-3 batang daun bawang, iris halus
1 butir telur utuh
1-2 sdt garam
1-2 sdt gula pasir
daun salam secukupnya
cabe rawit merah utuh, secukupnya
daun pisang untuk pembungkus
lidi penyemat

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting

Cara membuat :
  1. Cuci bersih tahu kemudian haluskan. Letakkan tahu dalam wadah besar kemudian masukkan bumbu halus, teri, rebon, daun bawang, garam dan gula. Jika suka kaldu bubuk silakan ditambahkan. Aduk rata dan koreksi rasanya.
  2. Jika sudah pas masukkan telur, aduk sampai rata.
  3. Ambil daun pisang, beri selembar daun salam. Letakkan 2-3 sdm adonan tahu dan 1-2 bh cabe rawit di atasnya. Bungkus bentuk tum.
  4. Kukus dalam dandang panas selama 30-40 menit. Keluarkan dari kukusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.