Halaman

Selasa, 13 Oktober 2015

Homemade Sarden Ikan Kembung (Menggunakan Pressure Cooker)

Assalamualaykum


Ini yang kedua kalinya saya bikin sarden sendiri. Pada dasarnya di rumah sangat menyukai sarden kalengan kecuali saya. Kenapa ? Saya takut efek makan makanan kaleng terlalu sering.
Karena di rumah pada doyan, saya berpikir untuk membuatnya sendiri. Apalagi sudah punya panci tekan kesayangan Supor Pressure Cooker 7,6 liter, makin demen bikin makanan yang dulu sulit saya buat. Dan kemarin saya pesen ikan kembung layang pada tukang sayur sebanyak 1 kg. Ikan kembung layang ini biasanya dipake untuk membuat ikan cuwe atau pindang keranjang. Untuk 1 kg bisa mendapat 16-17 ekor ukuran sedang. Banyak kan ? Jadi bisa makan sarden sepuasnya. Proses bikinnya gampang kok. Semua bumbu dihaluskan pake blender supaya cepat dan praktis. Sedang bumbu rempah cukup dimemarkan dan dimasukkan, kemudian direbus sampai ikan beserta tulangnya jadi empuk. Jadi tulang ikan bisa dimakan sekalian. Untuk panci tekan merk ini saya membutuhkan waktu 45 menit, dihitung sejak berdesis, untuk membuat ikan menjadi lunak bersama dengan tulang-tulangnya.

Bahan :
1 kg ikan kembung layang
1-2 butir air jeruk nipis/lemon
1-2 lembar daun pisang untuk alas panci
1 butir bawang bombay ukuran kecil, iris tipis panjang
4 cm lengkuas, memarkan
4 cm jahe, memarkan
6 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
3 batang serai, memarkan
200 ml air
1/2 sdm garam
2-3 sdm gula pasir
2 sdm saus tiram

Bumbu :
5 bh cabe merah besar
10 bh cabe merah keriting
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir tomat merah ukuran besar

Cara membuat :
  1. Siangi ikan kembung, buang insang dan isi perutnya kemudian cuci bersih. Lumuri dengan air jeruk nipis, biarkan 5 menit, cuci bersih kembali.
  2. Alasi panci tekan dengan daun pisang. Letakkan berturut-turut di atas daun pisang, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk dan daun salam. Tata ikan diatasnya kemudian menyusul bawang bombay, sisihkan.
  3. Masukkan ke dalam belnder semua bumbu dan air kemudian proses sampai halus. Beri garam, gula dan saus tiram, proses sebentar saja asal rata kemudian koreksi rasanya.
  4. Tuang bumbu halus ini ke atas ikan. Pastikan ikan terendam air bumbu. Jika belum, tambahkan air sampai ikan terendam. Tutup panci tekan sampai rapat. Seting dengan tekanan H (high), selanjutnya nyalakan api besar. Setelah berdesis kecilkan api dan lanjutkan merebus selama 45 menit. Padamkan api.
  5. Setelah api padam, biarkan panci dalam keadaan tertutup dan tekanan uap menjadi habis (+- 10 menit). Setelah tekanan habis, panci boleh dibuka dan sarden pun siap dihidangkan bersama nasi. Yummyyy....

2 komentar:

  1. Wah ini pastinya enak.....ngiler..telan ludah, he he
    oh ikan ini ikan kembung layang namanya ya mba, di batam namanya ikan benggol..ikan favorit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti enak banget hehe...
      iya di sini namanya ikan kembung layang. Ikan ini kalo udah jadi cuwe atau pindang keranjang, jadi favorit juga di rumah. Tinggal digoreng trus dimakan pake sambel, alamaaakkkk bisa ngabisin nasi bener deh hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.