Halaman

Senin, 12 Oktober 2015

Mi Goreng Teriyaki

Assalamualaykum


Setelah membuat kue lumpur ubi ungu, masih ada tugas membuat menu maksi (makan siang).
Karena di rumah punya saus teriyaki, saya berpikir untuk bikin mie goreng pake saus ini. Selama ini jika bikin nasi goreng atau mi goreng selalu pake saus tiram. Pingin rasa yang berbeda gitu. Dan ternyata enak lho saus teriyaki ini. Alhamdulillah, lidah orang rumah bisa menerima rasa teriyaki yang aromanya rada tajam dibanding saus tiram.

Bahan :
1 bungkus (140gr) mie telur kering
1/2 butir bawang bombay, iris tipis panjang
5 butir bawang merah, iris tipis
150 gr daging sapi yang telah direbus, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdt kecap ikan
2 sdm (1 sachet) saus teriyaki
1 sdm kecap manis
150 ml kaldu sapi
5 batang sawi, iris 2 cm
3 lbr kol, iris kasar
1 bh tomat merah, potong kasar
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/8 sdt merica bubuk
bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
1 sdt ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk
3 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus mie telur sampai matang, tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay, bawang merah dan bumbu halus sampai wangi dan agak kering. Masukkan daging sapi, daun bawang, kecap ikan, saus teriyaki, kecap manis dan 75 ml kaldu. Biarkan sampai mendidih dan mengental (setelah kental air akan berkurang).
  3. Tuangkan sisa kaldu, sawi, kol dan tomat. Bumbui garam, gula dan merica. Setelah mendidih koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan mie yang telah direbus, aduk sampai rata dan air agak mengering. Jika air terlanjur kering boleh ditambah sedikit lagi. Matikan api. Angkat mie dan selagi panas sajikan bersama bawang goreng.

4 komentar:

  1. wah enak ya mba mie goreng pakai saus teriyaki, belum pernah nyoba... jadi penasaran...mba Rina mah boleh juga nih idenya....
    belakangan ini setiap kali mba Rina posting dan postingan muncul di dashboard pasti ga nahan kalau ga mampir ke sini..he he he...jangan bosen2 yak sama sayah...ha ha ha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa....bosen pegimane. Malah seneng dong ada yang mau komen di sini. Biar blogku nggak sepi.
      Cobain deh sekali-sekali pake saus teriyaki, biar ada variasi

      Hapus
  2. Saus teriyaki bs diganti saus tiram kan mba? Apa ada perubahan bahan jadinya jika ganti saus tiram? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh bangeeeetttt. Kalo pernah lihat resep mi goreng sebelumnya di blog ini, pasti pake saus tiram. Saus tiram di rumah harus ada karena seneng masak oseng-oseng/tumisan. Kalo pake saus tiram tuh rasanya jadi lebih sedep

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.