Halaman

Jumat, 04 September 2015

Tahu Kikil Masak Tauco

Assalamualaykum


Apa kabar para fans kikil sapi ? Hehehe....baru beberapa hari yang lalu masak sambel goreng pake kikil, sekarang ngolah kikil lagi.
Yap, ini disebabkan bujukan tukang sayur yang kasih harga murah untuk 1,5 bungkus kikil sapi tebal seberat 350 gram.Cuma 10 ribu. Ini tergolong murah karena biasanya bisa sampe 13-14 ribu untuk kikil seberat itu. Langsung saja masuk freezer karena belum ada ide untuk masak kikilnya. Setelah nginep 2 hari akhirnya kepikir untuk dimasak pake tauco yang mudah didapatkan di tukang sayur. Ditambah tahu goreng favorit anak dan suami biar makin enak. Seperti biasa resepnya simpel. Sederhana dan murah meriah ya...

Bahan :
3 cm jahe, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lbr daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
2 bh cabe merah besar, iris serong
10 bh cabe merah keriting, iris serong
1 bh tomat merah, potong kasar (lupa nggak dimasukkan)
350 gr kikil sapi tebal yang telah direbus, potong dadu
15 potong tahu goreng segitiga, potong sesuai selera
3 sdm tauco
3-4 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/8 sdt merica bubuk
300 ml air

Bumbu tumbuk kasar :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis jahe, serai, daun jeruk, lengkuas dan daun salam sampai wangi. Masukkan bumbu tumbuk, semua cabe dan tomat, tumis sampai matang dan cabe menjadi layu. Menyusul tauco, aduk-aduk sampai rata.
  2. Masukkan kikil, tahu, kecap manis dan air. Masak sampai mendidih.
  3. Beri garam, gula dan merica. Koreksi rasanya. Masak sampai kikil empuk, bumbu meresap dan kuahnya menyusut. Jika air menyusut tapi kikil belum empuk, tambahkan air panas dan lanjutkan memasak sampai kikil jadi empuk. Setelah matang sajikan dengan nasi hangat. Yummmyyy....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.