Laman

Sabtu, 19 September 2015

Ketan Dan Pisang Kukus Siram Bubur Kacang Hijau

Assalamualaykum


Seperti yang saya bilang kemarin bahwa saya mau posting bubur kacang hijau (ijo) pake pressure cooker, ya inilah hasilnya.
Semenjak ada si Supor pressure Cooker 7,6 liter saya ketagihan untuk memperbudaknya hihi... Lha soalnya cepet jadi bisa ngirit gas. Cuma kalo pas nyuci suka ngeluh, duh berat bener hihi....Lha gimana nggak berat kalo dasar pancinya aja tebel gitu. Kelebihan panci berdasar tebal adalah mampu menyimpan panas sehingga bahan masakan mudah matang meski api sudah padam. Ini adalah kedua kalinya saya bikin bubur kacang ijo pake panci tekan. Cukup 20 menit dihitung sejak panci berdesis. Setelah uap panasnya habis dan bisa dibuka, kacang terlihat pecah merekah sehingga hasilnya empuk. Barulah dimasukkan larutan gula dan tapioka supaya bubur bisa kental. Pake panci tekan memang nggak ribet dan irit gas bener nih.

Bahan :
225 gr kacang hijau (ijo)
1.000 ml air
2 lbr daun pandan
100 gr gula merah, disisir
200 ml air
2-3 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm tapioka/aci/kanji, larutkan dalam sedikit air
400 gr ketan kukus siap makan
1 sisir pisang uli/kepok/raja, dikukus, potong dadu.

Kuah santan :
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam halus

Cara membuat :
  1. Cuci bersih kacang ijo kemudian masukkan ke dalam panci tekan bersama pandan kemudian tuangi 1000 ml air. Tutup rapat selanjutnya diset dengan tekanan H (High/tinggi). Nyalakan api besar sampai berdesis. Kecilkan api dan rebus selama 20 menit. Matikan api dan biarkan uap panas habis. 
  2. Sementara itu rebus gula merah bersama 200 ml air sampai gula larut, sisihkan.
  3. Setelah panci tekan bisa dibuka, masukkan larutan gula sambil disaring. Masukkan juga gula pasir dan garam. Nyalakan api kecil, aduk-aduk sampai mendidih dan meletup-letup. Koreksi rasanya. Jika kurang manis tambahkan gula. Masukkan larutan tapioka dan rebus sampai mengental. Matikan api.
  4. Kuah santan : rebus santan dan garam sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah sampai mendidih. Matikan api.
  5. Penyajian : ambil mangkuk, letakkan ketan dan pisang kukus kemudian siram dengan bubur kacang ijo. Tuangi santan kemudain sajikan.


2 komentar:

  1. Kalau bubur kacang hijau favorit suami dan kakak ipar saya mba...
    Untuk mensiasati agar ngrebusnya gak lama, biasanya saya rendam dulu kacang hijaunya, sampai kacangnya mengembang mungkin sekitar 5 jam an mba... baru di masak, jd cepet banget empuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem. Dulu sebelum ada panci tekan kacang ijo direndem semalam dalam air panas. Keesokan harinya baru direbus lagi sampai pecah.
      Kalo di rumahku bubur ginian pada doyan semuanya hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.