Bakwan Terong

Tags

Assalamualaykum


Mumpung di rumah lagi longgar (kayak sok sibuk aja hehe...) saya bikin cemilan deh. Gorengan tapi.
Kangen makan gorengan bikinan sendiri. Kali ini saya bikin bakwan terong karena liat terong bagus di tukang sayur. Sebenarnya pingin nyambel terong sih tapi kemarin-kemarin sudah makan pedes, jadi sekarang mau ngurangi dulu supaya lambung nggak protes. Iseng aja sebenarnya masukin terong ke dalam adonan bakwan. Tanpa diduga ternyata enak tuh terong dibuat bakwan. Teksturnya yang sudah empuk jadi makin lembut setelah jadi bakwan. Kapan-kapan bikin terong bakwan lagi karena orang rumah pada doyan. Untuk tepungnya saya pake campuran terigu dan tapioka supaya kriuk ketika hangat. Masih diberi kemiri supaya bisa keluar tekstur kriuknya dan lebih gurih. Jika suka boleh diberi baking powder dan air es supaya lebih renyah lagi.

Bahan :
1 bh terong ungu
1 bh wortel, serut/potong korek api
2 batang daun bawang, iris halus
50 gr toge kacang ijo
200 gr kol/kubis, iris halus
200 gr terigu
2 sdm tepung tapioka/aci/kanj
250-300 ml air dingin (air es lebih bagus)

Bumbu halus
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica butiran
3 siung bawang putih
1/2 sdt garam
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Potong-potong terong bentuk korek api kemudian rendam air dingin supaya tidak berubah warna.
  2. Dalam wadah besar campur terigu, tepung tapioka dan bumbu halus. Tuangi air sedikit demi sedikit sampai kental. Masukkan wortel, daun bawang, toge, kol dan terong yang telah ditiriskan. Aduk rata dan koreksi rasanya.
  3. Panaskan minyak yang banyak dalam waja. Ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur kemudian masukkan ke dalam wajan. Tuang di bagian pinggir sambil dilebarkan. Siram-siram supaya bakwan terlepas dan masuk sepenuhnya ke dalam minyak. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

rasanya gimana tuh bakwan terong, boleh dong nyicipi 1 mbak hehehe

terongnya empuk tuh. menurut saya nggak berasa terongnya karena sudah nyampur sama sayur lain. lagian terongnya juga sedikit jadi nggak terlalu ngaruh. Klo terongnya rada dibanyakin mungkin berasa kali terongnya

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon