Laman

Senin, 31 Agustus 2015

Ketan Kukus Unti Kelapa

Assalamualaykum


Hari Minggu kemarin saya menyiapakan ketan kukus dengan unti kelapa untuk keluarga.
Ini disebabkan kelapa beku yang ada di freezer nyaris basi karena mati lampu berulangkali dalam satu minggu belakangan. Mati lampunya pun mirip lampu diskotik yang byar pet dalam hitungan detik. Sebagai akibatnya tivi besar di lantai bawah rusak huhu...sebel banget deh kalo begini caranya. Ini baru tivi, lha kalo kulkas atau perabotan elektronik lainnya bagaimana ? PLN mau tanggung jawab ??? Setelah lampunya mati byar pet, selang beberapa hari kemudian mati lampu sampai 2 jam di malam hari. Gerahnyaaaaa....kan nggak bisa nyalain kipas angin atau AC kan ? Akibat dari mati lampu lampu itu, kelapa parut yang ada di freezer sedikit mencair. Kemarin ketika saya cek, ternyata hampir rusak karena mulai tercium bau agak-agak gimana gitu meski sedikit sekali. Segera saja capcus ke dapur untuk bikin unti. Sebagai teman unti saya buatkan ketan kukus. Lumayan bisa dipake sarapan untuk anak-anak.


Bahan unti kelapa :
1/2 butir kelapa yang agak muda, kupas kulit arinya, parut memanjang
100 gr gula merah disisir
1 sdm gula pasir
75 ml air
1 lbr daun pandan
sejumput  garam halus

Bahan Ketan Kukus :
300 gr beras ketan putih
2 lbr daun pandan, potong-potong
150 ml air panas (diganti santan juga boleh)
1/2 sdt garam halus

Cara membuat :
  1. Unti kelapa : dalam sebuah wajan campur gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam. Nyalakan api sedang. Setelah mendidih kecilkan api dan biarkan gula menjadi larut.
  2. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Cek rasanya. Aduk sampai airnya mengering, angkat dari api dan dinginkan.
  3. Ketan kukus : rendam beras ketan selama semalam. Keesokan harinya tiriskan dan cuci berulang kali dengan air bersih. Ini bertujuan supaya ketan tidak mudah basi. Tiriskan. Tuang ke dalam loyang atau wadah tahan panas.
  4. Kukus beras ketan bersama daun pandan dalam kukusan panas sampai setengah matang selama 20-25 menit. Angkat dan keluarkan dari kukusan. 
  5. Dalam mangkuk kecil/cangkir, campur air panas dan garam, tuang ke dalam ketan kemudian aduk rata. Diamkan selama 15 menit supaya meresap. Kukus kembali selama 30 menit sampai matang. 
  6. Sajikan ketan kukus bersama unti kelapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.