Halaman

Rabu, 01 Juli 2015

Choco Banana Cake

Assalamualaykum


Selama bulan puasa sebenarnya saya menghindari membuat cake. Tapi karena ada pisang ambon 4 biji yang mulai kehitam-hitaman kulitnya, mau tidak mau harus mikir untuk segera dihabiskan.
Alasan tidak membuat cake karena tidak ada yang makan. Setelah buka puasa dengan kurma dan air putih biasanya sudah malas makan snack karena sudah kenyang. Berhubung saya lama banget nggak bikin cake, inilah kesempatan bagus untuk menyuruh mixer kerja lagi setelah berbulan-bulan teronggok nganggur di lemari. Kangen deh dengan segala tetek bengek dan ribetnya bikin cake (halah, kayak mau bikin cake apaan sok ribet gitu). Resep banana bread ini cukup simpel. Membuatnya menggunakan metode buttercake. Biasanya buttercake lemaknya menggunakan mentega atau margarin saja. Tapi kali ini saya campur antara mentega dan minyak sayur supaya lebih lembut tapi ringan rasanya. Moist sih tetep. Lebih moist malah, karena pake minyak sayur tadi. Sebagai toping saya gunakan keju cheddar parut. Ketika dipanggang duuuhhh wanginyaaaa. Pisang berpadu coklat dengan taburan keju, enakk banget....


Bahan :
75 gr mentega
50 ml minyak sayur
175 gr gula pasir
2 butir telur utuh
1/2 sdt vanili bubuk
275-300 gr pisang ambon tanpa kulit, haluskan dengan garpu
150 ml homemade buttermilk*)
200 gr tepung terigu serbaguna
50 gr tepung jagung/maizena
30 gr coklat bubuk
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
Keju cheddar, diparut untuk taburan

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 170°C. Siapkan loyang bulat ukuran 20 x 5cm, alasi dasarnya dengan kertas roti dan olesi margarin. Sisihkan.
2. Campur tepung terigu, tepung jagung, coklat bubuk, soda kue dan baking powder, aduk rata.
3. Kocok mentega, minyak sayur dan gula pasir sampai gula pasir hancur.
4. Masukkan telur, vanili bubuk, pisang halus dan buttermilk, kocok rata. Matikan mixer.
5. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk rata menggunakan spatula.
6. Tuang ke dalam loyang. Taburi dengan keju parut.
7. Panggang dalam oven selama 60-70 menit sampai matang. Jika ditusuk lidi keluar bersih, artinya sudah matang. Setelah dikeluarkan dari oven biarkan di dalam loyang selama 15-20 menit supaya kue merenggang dari loyang. Balik di atas rak dan biarkan dingin. Potong-potong dan sajikan.

*Homemade buttermilk : 140 ml susu cair hangat dicampur 10 ml cuka/air jeruk nipis/lemon diamkan 5 menit sampai menggumpal.

5 komentar:

  1. Syukaaaa...

    Kalo bertopping keju, anak sy mah paling dicomotin kejunya ajah mba, cake nya ditinggalin... jadi kadang2 kejunya d campur ke adonan.. teteup doyan juga... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...namanya juga anak-anak ya. Sama dengan kita dulu, yang dicomoti yang enak, lainnya ditinggal

      Hapus
  2. Dengan gula dan pisang , ini ga kemanisan bund,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak. Jangan lupa ada coklat bubuknya di sini. Coklat bubuk biasanya agak sedikit pait jadi pemakaian gula bisa agak banyak

      Hapus
  3. Emmmm yumie...saya suka kue serba coklat..makasih resepnya ya mbak Rina, besok nyoba ah buat anak2..

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.