Halaman

Senin, 06 Juli 2015

Putri Salju

Assalamualaykum


Sesuai permintaan pembaca yang pernah minta kukis untuk lebaran, alhamdulillah saya bisa bikin lagi tahun ini.
Kalo bikin kukis, jujur saja saya rada males karena manggangnya lama. Bertahap gitu maksudnya karena kapasitas oven terbatas. Selain itu saya bukan penggemar kukis hihi...Saya lebih suka cake soalnya daripada kukis. Tapi karena anak saya nguber uber pingin bikin, ya akhirnya saya berusaha mengalahkan rasa malasnya. Untuk percobaan tahun ini saya bikin Putri Salju yang ada di blognya Camelia. Putri salju ini nggak pake kacang. Cukup terigu saja sebagai bahan utamanya. Enak lho meski nggak pake kacang. Sengaja pilih resep yang minus kacang biar asam urat terkendali karena Insya Allah lebaran nanti mau ngegoreng kacang. Biar nggak over dosis gitu. Sebelum punya blog saya sudah sering bikin putri salju tapi beda resep. Sedang resep ini adalah pertama kalinya saya eksekusi. Hasilnya, bener kata Camelia, ngepyur. Begitu masuk mulut nggak perlu dikunyah hihi...Secara bugdet resep ini tergolong ekonomis banget lho. Dan nggak pake telur. Setelah matang bisa menghasilkan 4 toples. Bagi pemula, resep ini nggak bikin parno seandainya gagal wong nggak bikin kantong jebol kok hehe....


Putri Salju
Sumber : Camelia At Home

Bahan :
100 gr roombutter (mentega)
300 gr margarin
400-450 terigu protein rendah (saya pake 440 gr)
Gula halus/gula tepung secukupnya
Gula donat/gula dingin

Cara membuat :
  1. Dalam wadah besar campur roombutter dan margarin, aduk menggunakan sendok kayu sampai lembut dan ringan.
  2. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata dan bisa dibentuk. Masukkan kulkas (bukan freezer ya) selama 15-30 menit supaya agak keras sehingga lebih mudah dibentuk dan tidak terlalu lengket.
  3. Panaskan oven dengan suhu 140-150°C. Siapkan loyang lebar, alasi kertas roti, olesi margarin/minyak tipis-tipis.
  4. Keluarkan adonan dari kulkas, bentuk bulat-bulat sebesar kelereng. Tata di atas loyang kemudian panggang sampai matang selama 25-30 menit .
  5. Keluarkan dari oven. Selagi panas gulingkan ke dalam gula halus dan biarkan dingin. Setelah dingin, lumuri dengan gula donat. Masukkan dalam stoples.


PUTRI SALJU Mbah Uti Aryati-nya Citra Bahan : 300 gr blue band 100 gr roombuter 400 - 450 gr terigu protein rendah (takaranku) gula halus gula donat/gula dingin Caranya (versiku) : Dalam wadah, campur margarin dan roombuter. Aduk-aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan terasa ringan. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sesuaikan hingga dapat dipulung. Simpan dalam kulkas lk. 15 menit. Keluarkan dari kulkas, bentuk, panggang di oven. Setelah matang, panas-panas lumuri dengan gula halus, sisihkan. Setelah dingin, lumuri kembali dengan gula donat/gula dingin. Sajikan.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
PUTRI SALJU Mbah Uti Aryati-nya Citra Bahan : 300 gr blue band 100 gr roombuter 400 - 450 gr terigu protein rendah (takaranku) gula halus gula donat/gula dingin Caranya (versiku) : Dalam wadah, campur margarin dan roombuter. Aduk-aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan terasa ringan. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sesuaikan hingga dapat dipulung. Simpan dalam kulkas lk. 15 menit. Keluarkan dari kulkas, bentuk, panggang di oven. Setelah matang, panas-panas lumuri dengan gula halus, sisihkan. Setelah dingin, lumuri kembali dengan gula donat/gula dingin. Sajikan.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
PUTRI SALJU Mbah Uti Aryati-nya Citra Bahan : 300 gr blue band 100 gr roombuter 400 - 450 gr terigu protein rendah (takaranku) gula halus gula donat/gula dingin Caranya (versiku) : Dalam wadah, campur margarin dan roombuter. Aduk-aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan terasa ringan. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sesuaikan hingga dapat dipulung. Simpan dalam kulkas lk. 15 menit. Keluarkan dari kulkas, bentuk, panggang di oven. Setelah matang, panas-panas lumuri dengan gula halus, sisihkan. Setelah dingin, lumuri kembali dengan gula donat/gula dingin. Sajikan.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

10 komentar:

  1. aih,udah bikin kue aja..mauuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeehhh. Ayo kesini aku beri setoples nih

      Hapus
  2. Hi, saya sangat menyukai blog anda! ZALORA Malaysia kini sedang mencari blogger yang berbakat, dan saya tertanya adakah anda berminat untuk satu kolaborasi blog bersama kami. Anda boleh hubungi saya di izz.latif@zalora.com.my jika anda berminat dengan tawaran ini dan saya akan berikan segala butiran di sana. Harap dapat balasan emel anda secepat yang mungkin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sebelumnya. Senang rasanya mendapat penawaran seperti ini

      Hapus
  3. Duuuhhh... kapan dong kiranya sy bs bikin...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa bu guru masih punya baby sih ya. Ribet kalo bikin kukis. Kalo tetanggan aku bikinin deh bu

      Hapus
  4. gula taburannya di campur susu bubuk dan sedikit esen vanilla susu bubuk merk larome mbak..... lbh milky dan harum mbak....

    BalasHapus
  5. Mohon Maaf mbak rina baru bisa ngucapin terima kasih sudah dikabulkan permintaan saya untuk resep kukis nya. Terima kasih bnyak mbk. Mbk ada fb kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mb dheeya
      ada kok fbnya, klik aja di side bar kanan (kalo pake PC/lappy). Sedang ini linknya https://id-id.facebook.com/rina.audie

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.