Sayur Bening Kangkung

Tags

Assalamualaykum


Beberapa hari yang lalu ketika saya belanja di tukang sayur, tetangga depan rumah beli kangkung untuk ditumis.
Saya jadi kepingin karena sudah lama nggak masak kangkung. Tapi kalo ditumis kok bosen. Pinginnya sih disayur bening gitu biar bervariasi. Selama ini kalo bikin sayur bening selalu pake bayem. Setelah konsultasi (cieehh...) ke tukang sayur, ternyata kangkung bisa lho dimasak bening. Akhirnya setelah waktu buka dan dinikmati, bener enak dan seger. Saya masak kangkungnya tidak overcook biar terasa renyah dan tidak letoy. Supaya kangkung nggak letoy, kuah sayur yang sudah matang dan mendidih biarkan hangat dulu, barulah kangkung dimasukkan. Selain itu warnanya juga lebih hijau dan cantik. Akibat makan kangkung ini, tidur saya pules banget, dan nyaris telat bangun sahur. Untung dibangunin bapaknya anak-anak, hehe....Selain ditumis atau disayur bening, saya juga suka makan kangkung sebagai lalap mentah. Batang kangkung yang dimakan mentah, menurut lidah saya (opini pribadi ya) terasa sedikit manis. Apalagi teksturnya yang kres itu, menurut saya bikin nagih. Perasaan kayak kambing ya doyan kangkung mentah hihi...

Bahan:
1 ikat kangkung, siangi dan potong/dipetiki sesuai selera
1 tongkol jagung manis, dipotong bulat
100 gram wortel, diiris bulat
1 buah tomat merah, dipotong-potong
3 siung bawang putih, diiris halus
6 butir bawang merah, diiris halus
1 lembar daun salam
1cm lengkuas, tanpa dimemarkan ( silakan diganti temu kunci jika suka)
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1-2 sendok teh gula pasir
1.000 ml kaldu ayam dari rebusan tulang ayam

Cara membuat :
  1. Didihkan air kaldu dan jagung manis sampai jagung matang.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih, daun salam dan lengkuas. Menyusul wortel, garam, gula pasir dan merica bubuk. Didihkan sekali lagi dan koreksi rasanya.
  3. Terakhir masukkan tomat dan kangkung. Aduk sebentar dan matikan apinya. sajikan
 ** beberapa waktu terakhir ini kalo ambil foto selalu blur hasilnya. Tidak setajam biasanya. Mungkin karena pic dijepret pada waktu sore hari dan terkena efek puasa, yang pegang kamera jadi keder, hehehe...Udah diedit beberapa kali hasilnya tetep sama. Gambar jagungnya terlihat tidak tajam kan, ngeblur gitu.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

aku suka kangkung tumis terasi mb... di temani ikan asin goreng,,,,duhhh nikmat nian.. eheheh
walaupun punya bebeb baru blm sempet motret2 mb....masih proses taaruf dgn si bebeb... msh kagok,,,eeheh
mungkin habis lebaran mau motrek2.... di tunggu yo mb :)

Suit suiitt..
Cieee... minjem dong bebeb barunya....
(Senggol mba mimie...)

Aku mah tiap hari, bahkan pagi sore nyayur bening terus mba rina... alhamdulillaah ASI deres bgt dann seger...

Kangkung?
Tetap bermusuhan....
Hiks... hiks....
:((

emang tuh kumis eh tumis kangkung paling juara sama ikan asin. Rasanya hampir setiap orang pasti doyan.
Beneran ya habis lebaran. Aku tunggu lhoooo....

sama kangkung kenapa ? asam urat ya ?
Syukur kalo ASInya melimpah bu. Sun cayang buat baby kecil yah

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon