Laman

Sabtu, 25 Juli 2015

Cake Pisang Coklat Ketan Hitam (Gluten Free)

Assalamualaykum


Apa kabar ? Seminggu setelah lebaran alhamdulillah masih bisa ketemu lagi. Taqabalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri 1436 H ya teman-teman.
Telat ya ngucapin selamat lebarannya hihi....Iya nih mau posting kok masih males. Padahal list resep buanyak banget numpuk di file hp. Udah ratusan gitu. Entah kapan bisa dieksekusi semua. Belum sempat dibuatpun sudah muncul resep baru yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Mumpung di rumah ada pisang ambon yang sudah itm kulitnya akhirnya mikir untuk diberdayakan. Ketika ditimbang (tanpa kulit) masih ada 500 gr lebih. Sebagian saya bikin cake colklat ini dan sisanya saya simpan di freezer supaya kapan-kapan bisa dipake lagi. Setelah lihat-lihat bahan di rumah yang masih tersedia mentega dalam jumlah lumayan, akhirnya kepikir bikin cake pisang dengan metode butter cake/pound cake saja. Tepung yang digunakan juga pake ketan hitam biar cepet habis supaya nggak terlanjur apek jika kelamaan dianggurin. Setelah matang duuuhhh wangi pisangnya nggak nahan. Apalagi ketika masih di dalam oven. Menjelang matang, wangi banget aromanya. Setelah dingin dan dipotong ih enaknya. Butter cake yang biasanya terasa padat dan berat, kali ini sedikit ringan, rada spongi gitu. Legit dan berasa pisang. Sedikit berpasir sih (ngeres) khas tepung ketan. Bagi penggemar tepung ketan pasti enak banget nih cake.  Lha wong di rumah aja cepet habis kok padahal mereka bukan penggemar tepung ketan kelas berat. Mungkin karena lama nggak bikin cake jadi kangen sehingga comat-comot mulu hihi....


Bahan :
200 gr mentega tawar
125 gr gula pasir
1 sdt pasta coklat
4 butir telur utuh
200 gr pisang ambon, lumatkan dengan garpu
150 gr tepung ketan hitam
25 gr tepung beras
25 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam halus

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban/ring diameter 22-23cm, tinggi 9cm. Olesi mentega dan taburi sedikit tepung. Sisihkan. Panaskan oven suhu 180 derajat C.
  2. Dalam wadah besar kocok mentega, gula pasir, dan pasta coklat sampai mengembang. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan speed pelan.
  3. Menyusul pisang, kocok kembali sampai rata.
  4. Campur tepung ketan hitam, tepung beras, coklat bubuk, baking powder dan garam. Masukkan secara bertahap sambil diayak, kocok dengan mixer sampai rata.
  5. Matikan mixer, aduk dengan spatula (aduk balik) sebentar saja, sekedar untuk mengecek apakah adonan sudah rata atau belum.
  6. Tuangkan ke dalam loyang. Goyang-goyangkan loyang perlahan supaya permukannya jadi rata. Panggang selama 45-50 menit. Lakukan test tusuk dengan lidi. Jika lidi keluar bersih artinya sudah matang. Jika belum, tambahkan waktu panggang 5-10 menit. 
  7. Keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang sampai hangat supaya kokoh tekstur cake-nya. Setelah kokoh, keluarkan dari loyang dan dinginkan.


1 komentar:

  1. Blognya bagus mbak Rina Audi...thanks ya dah shared resep2nya...banyak yg blum saya coba, tapi khusus untuk cake yg satu ini emang bener enaak😊

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.