Laman

Selasa, 14 Juli 2015

Opor Ayam Daun Singkong

Assalamualaykum


Sebenarnya resep ini sudah beberapa hari yang lalu dibuat tapi saya kok lupa posting. Belum lagi lebaran tapi kok sudah posting opor ayam ya.
hihi...Itu karena mati gaya banget ketika mau masak. Masak yang nggak itu-itu melulu dan disukai. Barulah ketika dicek di blog, loh kok belum muncul. Ternyata fotonya masih di dalam kamera dan belum diedit sama sekali hehe...Ini adalah resep opor ayam biasa yang ditambahi daun singkong. Karena kehabisan sayur di tukang sayur dan cuma ada daun singkong, yo wis masak itu aja. Daun singkong yang dimasukkan ke dalam opor tuh sedep banget lho teman. Nggak percaya ? Cobain deh kalo masak opor ayam diberi daun singkong. Bisa ketagihan ntar hehe...Resep opornya sama seperti kemarin-kemarin kok. Tapi jika sudah punya resep opor andalan silakan dibuat ya. jadi nggak harus persis plek seperti resep saya ini. Untuk kali ini ayamnya digoreng dulu sebelum diolah opor. Alesannya biar ayam nggak mudah hancur. Menggorengnya jangan kelamaan ntar jadi keras. Asal sudah kecoklatan kulitnya, langsung angkat aja. Jadi ayamnya masih juicy gitu dan nggak alot. Gunakan api besar supaya ayam cepat berubah warna kulitnya.

Bahan :
1 ikat daun singkong
1/2 ekor ayam dipotong-potong
2 cm kayumanis
2 butir cengkih
1 batang serai, memarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir/gula merah
1/2 sdt merica bubuk
750 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
2 cm kunyit
8 bh bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri 

Cara membuat :

  1. Rebus daun singkong sampai empuk. Angkat dan tiriskan. Goreng ayam asal berkulit, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis kayumanis, cengkih, daun salam, daun jeruk dan lengkuas sampai wangi. Menyusul bumbu halus, aduk-aduk sampai agak kering.
  3. Masukkan ayam, garam, gula, merica dan santan. Didihkan.
  4. Setelah ayam empuk masukkan daun singkong kemudian koreksi rasanya. Masak sampai bumbu meresap dan kuah agak menyusut. Matikan api.

1 komentar:

  1. Sedapnya nampak, memang wajib cuba ni!
    Btw, Selamat Hari Raya in advance buat tuan blog ye :)

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.