Halaman

Minggu, 12 Juli 2015

Ampyang Kacang Coklat (oven)

Assalamualaykum


Salah satu snack permintaan anak yaitu ampyang kacang. Seperti biasa saya nyontek dari NCC.
Bahannya gampang dan murmer. Cuma kacang, gula, coklat bubuk, telur dan vanili. Karena stok gula tepungnya habis saya pake gula pasir yang diblend menggunakan dry mill bersama coklat bubuk supaya gula tidak menggumpal. Selain itu saya pake pasta coklat sebagai pengganti vanili yang habis juga. Tips penting ketika membuat ampyang ini adalah ketika memanggang, jangan ditinggal supaya nggak kelupaan yang berakibat gosong. Manggangnya cuma sebentar kok, 15 menit sudah cukup. Ketika masih panas memang sedikit empuk, tapi begitu dingin akan mengeras dengan sendirinya.

Bahan :
500 gr kacang tanah berkulit ari
200 gr gula pasir (saya pake 150gr, hasilnya tidak terlalu manis, pas dengan selera di rumah)
25 gr coklat bubuk kualitas baik (saya pake merk BT Java Cocoa Dark)
1 butir telur utuh
1 sdt pasta coklat

Cara membuat :
  1. Panaskan oven suhu 180 derajat C. Tuang kacang ke atas loyang lebar. Ratakan supaya kacang tidak bertumpuk-tumpuk. Panggang selama 20 menit. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin di atas loyang. Setelah dingin kacang akan menjadi renyah.
  2. Panaskan kembali oven dengan suhu 160 derajat C. Siapkan loyang kue kering, alasi kertas roti dan olesi margarin tipis-tipis.
  3. Masukkan gula pasir dan coklat bubuk ke dalam dry mill (blender kecil untuk menghaluskan biji-bijian). Proses sampai halus.
  4. Tuang gula coklat ke dalam wadah besar. Masukkan telur dan pasta coklat, aduk rata. Menyusul kacang panggang, aduk sampai rata.
  5. Sendokkan ke atas loyang menggunakan 2 bh sendok teh. Beri jarak di antaranya. Panggang selama 15 menit, keluarkan dari oven dan dinginkan.
Note :
  • adakalanya setelah dipanggang dan didinginkan kacang tidak begitu renyah. Hal ini disebabkan kadar air dalam kacang berbeda-beda. Tapi jangan kuatir, panggang lagi deh kacangnya dengan suhu sama tapi waktunya dikurangi jadi 10 menit. Setelah dingin coba dirasakan apakah kacang sudah renyah atau belum.
  • ketika dipanggang terdengar seperti meletup-letup ? Jangan takut ya. Itu karena kadar air dalam kacang agak banyak jadi ketika dipanaskan akan sedikit merekah. Sama seperti ketika digoreng, kacang yang kelebihan kadar air pasti akan meletup juga kan.


4 komentar:

  1. ada aja idenya hehehe....ampyang cokelat

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha soalnya lebaran tahun lalu enak sih ampyang kacangnya, jadi sekarang bikin lagi

      Hapus
  2. kalo saya buat, kacang saya sangrai dan kacangnya ditumbuk kasar. bahannya plek percis sama. tapi punya mbak Rina hasilnya coklat banget. hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa juga kacangnya ditumbuk kasar. itu warnanya gelap karena coklat bubuknya pake yang dark mbak.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.