Perkedel Tahu Pedas Isi Telur Puyuh

Assalamualaykum


Bikin pekedel ini atas permintaan anak saya yang ingin makan telur puyuh. Jarang sekali saya masak pake telur puyuh.
Kenapa ? Karena males ngupas kulitnya hehe...lha telur puyuh kan kecil-kecil, jadi ribet aja ngupasnya. Kecuali jika anak saya rekues baru saya beli karena dia dapat tugas mengupas kulitnya. Tapi disela-sela ngupas telur, mesti ada juga telur yang diemplok (dimakan) barang 1-2 biji. Biarin deh wong waktu kecil dulu emaknya juga gitu kok hihi... Kali ini telurnya saya bikin perkedel tahu biar nggak nggak bosen. Telurnya dimasukkan ke dalam tahu halus kemudian dibentuk bulat-bulat. Setelah matang lumayan buat lauk atau cemilan sambil nyeplus cabe rawit.

Perkedel Tahu Pedas Isi Telur Puyuh
Sumber : Perkedel Tahu Kacang Merah
Modif : Rina Audie

Bahan :
400 gr tahu putih
1-2 sdm tepung tapioka/aci/kanji
1 batang daun bawang, iris tipis
1/2-1 sdt garam halus
Minyak goreng
18 butir telur puyuh rebus, kupas kulitnya

Bumbu halus :
2 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 bh cabe keriting/sesuai selera
2 cm kunyit
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Haluskan tahu kemudian bungkus dengan serbet, peras sedikit airnya.
  2. Dalam sebuah wadah besar campur tahu halus, tapioka, daun bawang, garam dan bumbu halus. Aduk sampai rata. Cek rasanya. 
  3. Bentuk bulat-bulat pipih, isi dengan sebutir telur puyuh. Bulatkan kembali sambil dipadatkan dengan menggunakan 2 telapak tangan. Lakukan sampai adonan tahu habis.
  4. Panaskan minyak goreng yang banyak, goreng perkedel tahu (deep fry) menggunakan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

digado enak banget nih...

iya lebih enak digado daripada dipake lauk

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon