Laman

Kamis, 21 Mei 2015

Ayam Kecap Bumbu Jahe

Assalamualaykum


Lagi nggak punya ide mau masak apa gitu buat orang di rumah. Ini disebabkan jalan di depan rumah sedang diperbaiki.
Jalan yang semula diaspal dan sudah berlubang banyak, ditambal dengan cor beton. Karena hal tersebut saya agak kesulitan keluar rumah untuk belanja ke pasar. Tukang sayur juga gak ada yang lewat karena jalan dihancurkan dulu sebelum dicor. Tetapi syukur Alhamdulillah hanya berlangsung 2 hari saja. Meski hanya 2 hari rencana saya jadi berubah haluan. Yang tadinya ingin bikin ini itu jadi batal. Sebagai jalan keluar saya beli saja ayam yang pasti mudah diolah. Saya bikin ayam kecap untuk makan di rumah. Bumbunya saya modif sedikit dengan menggunakan jahe supaya aromanya sedikit beda. Aroma jahe yang pedas dan menyegarkan sangat pas disandingkan dengan ayam dan kecap. Oh ya resepnya sama dengan yang ada di blog ini, hanya saya tambahkan jahe, tomat, daun bawang dan wortel, supaya ada sayur di dalamnya.

Ayam Kecap Bumbu Jahe
Sumber : Ayam Kecap

Bahan :
1 ekor ayam, potong 14 bagian
1 ruas jahe, memarkan
1 sdt kecap ikan/kecap asin
2 sdm saus tiram
75 ml kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
250-300 ml air
2 bh wortel, iris tipis
1 bh tomat merah, potong 6 bagian

Bumbu iris :
8 butir bawang merah, iris tipis ( bisa pake 1 bh bawang bombay )
4 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang
6 bh cabe merah keriting

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ayam, jika perlu kucuri dengan jerik nipis dan garam untuk menghilangkan baunya. Cuci bersih kembali.
  2. Panaskan minyak yang cukup banyak di wajan, goreng ayam sampai kecoklatan. Tapi jangan sampai terlalu kering ya. Angkat dan tiriskan. 
  3. Panaskan kembali sedikit minyak, tumis bumbu iris dan jahe sampai harum. Menyusul kecap ikan, saus tiram, ayam goreng dan kecap manis. Masukkan air, garam, gula dan merica. Biarkan mendidih dan koreksi rasanya. 
  4. Jika sudah pas, kecilkan apinya, masak sampai bumbu meresap dan kuah mengental. Terakhir masukkan wortel dan tomat, masak sebentar. Jika airnya menyusut tapi bumbu belum meresap, bisa ditambah air lagi. Angkat dan sajikan.

2 komentar:

  1. nyamm,aku juga suka banget kalo macam tumis2an dikasih yomat rajang,enak aja raanya ya mbk^^
    mauuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dikasih tomat tuh ada seger-segernya. Sebagai penyeimbang manis kecap, jadi nggak eneg

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.