Laman

Jumat, 01 Mei 2015

Martabak Manis Mini

Assalamualaykum


Libur ngeblog beberapa hari aja kangen banget rasanya. Biasalah sok sibuk gitu hehe...
Sebenarnya nggak sibuk-sibuk amat sih ya. Cuma saya dimintai tolong anak saya ngajari bikin Kue Bandung dari sekolah. Sempat bingung ketika anak saya bilang ada tugas kelompok bikin kue bandung. Segera browsing internet dan ealaaaahhh ternyata martabak manis. Akhirnya kami segera membuat jadwal untuk latihan bersama. Sepulang sekolah anak saya dan teman-temannya datang ke rumah untuk belajar kue ini. Dan hari Kamis kemarin adalah waktunya membawa hasil prakarya ke sekolah. Resep yang saya pake adalah Martabak Brownies yang sudah ada di blog ini. Saya hanya menghilangkan pemakaian coklat bubuk, dark cooking chocolate dan soda kue. Susu cair dikurangi dikit biar aagak kental adonannya. Meski tanpa soda kue tetep bersarang banyak lho kuenya. Dan hari ini saya membuat lagi untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Karena sudah bertahun-tahun tidak membuat, begitu dicicip duuuhhh enak sekali rasanya. Sayangnya kue bandung yang dibawa ke sekolah belum ada nilainya karena anak saya langsung libur seminggu yang disebabkan kakak kelasnya mulai menempuh Ujian Nasional (semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan ujian. Aamiinn...). Dan saya sampai saat ini deg-degan menunggu hasil nilainya...



Martabak Manis Mini (Kue Bandung)
Sumber : Martabak Brownies
Modif : Rina Audie

Bahan :
250 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt bakingpowder
1/2 sdm ragi instan
350 ml susu cair hangat
50 gr margarin
2 butir telur ayam
3 sdm gula pasir

Taburan : gula pasir

Isian/hiasan :
margarin
susu kental manis
keju parut
meises
selai blueberry

Cara membuat :
  1. Campur susu dan ragi instan sampai rata, sisihkan sampai berbuaih. Lelehkan margarin, sisihkan. Ayak jadi satu terigu dan baking powder, sisihkan. 
  2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, putih dan kental. Masukkan campuran susu+ragi bergantian dengan campuran tepung. Kocok dengan speed rendah sampai rata. Terakhir masukkan margarin leleh, kocok/aduk sampai rata. Tutup adonan menggunakan serbet lembab/tutup panci di tempat hangat selama 30 menit sampai mengembang.
  3. Panaskan cetakan kue lumpur menggunakan api sedang. Tuangkan adonan, kecilkan apinya seketika supaya tidak gosong. Tekan bagian pinggirnya menggunakan sendok supaya terbentuk lapisan tipis di sisinya. Panggang menggunakan api kecil. Biarkan permukaan martabak berlubang-lubang. taburi gula pasir.
  4. Setelah lubang/pori yang terbentuk tinggal sedikit, tutup wajan supaya permukaan martabak mengering. Angkat martabak dari wajan menggunakan sendok makan.
  5. Selagi panas olesi dengan margarin, susu kental manis, keju parut dan meises serta selai blueberry kemudian sajikan.



9 komentar:

  1. kl ada praktek tata boga di sekolah paling seneng.aplgi dulu ruangan BK pas disamping ruang tata boga,jd sudah padti dpt jatah xixixi.
    aku mau yg mesis mbk^^.semoga dapat nilai bagus....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makacih tuk doanya.
      Aku dulu juga pualing happy kalo ada pelajaran praktek bikin kue/masak di sekolah. Antusias bingit menyambutnya hihi....
      enak ya jadi bu gulu, mesti dapat jatah ici-icip hihi...eh tempo hari aku juga jadi guru jadi-jadian hahahaa....(sapa yang tanya)

      Hapus
  2. Seumur2(udh nyoba puluhan kali) bikin martabak manis baru skali berhasil,pas prcobaan prtama dl bgt,smpe skrg klo bikin psti sarangnya dikit bgt..malah rasanya ky bantat,hikkss :( pdhal suka bgt ma martabak manis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba resep di atas mb Ikka siapa tau hasilnya bagus. Martabak manis emang susah-susah gampang bikinnya. Biasanya kalo cetakan kurang panas sulit bersarang martabaknya. Tapi kalo kepanasan jadi gosong, nggak bisa besarang dan bantet

      Hapus
  3. Berhasil, mba.. Aku bikin yang gede kaya si abang martabak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. *sambil senyum lebar * syukur deh. Senang baca laporannya. Selamat ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.