Halaman

Sabtu, 02 Mei 2015

Kangkung dan Tahu Masak Kecap

Assalamualaykum


Setelah bikin martabak manis mini kemarin, acara dilanjutkan masak-memasak untuk maksi di rumah.
Karena lama nggak masak kangkung saya kok kemecer liat kangkung seger di tukang sayur. Langsung beli 2 ikat sekaligus biar hasilnya banyak dan sebagian bisa saya gadoin tanpa nasi. Kali ini ditumis pake kecap dan tanpa tauco. Biasanya kalo numis kangkung selalu pake tauco biar gurih. Sebagai variasi saya cemplungi tahu goreng biar lebih enak. Tahu dan kecap tuh paduan serasi kan ya. Setelah matang enak banget deh. Saya nih, tanpa terasa gadoin sampai setengah porsi lho hihi.... Apalagi pas waktunya lapar, nyam-nyam. Nikmaaaattt banget....

Bahan :
2 ikat kangkung
350 gr tahu putih
1 sdt kecap ikan
2 sdt saus tiram
3-4 sdm kecap manis
1/2 sdt garam halus
1 sdt gula pasir/gula merah, disisir
1/4 sdt merica bubuk
200 ml air

Bumbu iris
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 bh cabe merah keriting

Cara membuat :
  1. Siangi kangkung kemudian cuci bersih dan tiriskan. Potong tahu bentuk dadu kemudian goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak diatas wajan. Tumis bumbu iris sampai wangi dan layu. Masukkan kecap ikan dan saus tiram. Aduk aduk sampai wangi.
  3. Masukkan tahu, kecap manis dan air. Beri garam gula dan merica. Biarkan mendidih dan meresap. Koreksi rasanya.
  4. Setelah airnya menyusut (kira-kira tinggal separuh) masukkan kangkung dan aduk cepat sampai rata. Angkat dari api dan sajikan.
Tips fotografi :
  • Ketika akan memotret kangkung kita sering kesulitan dengan warna kangkung yang cepat berubah warna. Jika terkena panas warnanya akan berubah jadi menghitam (lebam). Nah saya punya tips begini. Pada waktu masak kemarin, setelah air/kuah menyusut, api segera saya matikan dan saya biarkan jadi hangat. Setelah hangat barulah kangkung saya masukkan dan diaduk cepat supaya rata. Tahap berikutnya langsung saya pindah ke atas piring kemudian dijepret.
  • Sebelum melakukan pemotretan ada baiknya segala properti yang dibutuhkan ditata dulu. Jadi begitu si "artis" datang, tinggal ditata letaknya dan langsung jepret deh. Gampang kan.....

3 komentar:

  1. Aahhh... mba bikin ngiler ajah nie...
    Dah berrtahun2 ga berteman dg kangkung..
    Hiks...hiks...

    (Asam urat gawaaatt)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo asam urat, kangkung memang jadi pantangan. Kalo aku jika makan tahu tempe atau kacang-kacangan lutut kanan langsung berasa bu gulu. Jika makan kangkung gak papa

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.