Halaman

Senin, 13 April 2015

Raisin Soda Bread

Assalamualaykum


Seminggu libur ngeblog, kangen deh. Ini karena saya sedikit pilek. Biasa, karena bandel makan gorengan over dosis hehe...
Sampe saya nulis resep inipun masih pilek sentlap-sentlup mulu. Selama pilek saya libur bikin cemilan juga. Karena agak lama nggak bikin cemilan, orang rumah protes nih. Akhirnya saya browsing resep. Setelah cek bahan, lha kok baking powdernya habis yak. Akhirnya ngider lagi cari resep yang nggak pake paking powder. Ngintip ke Joy of Baking dan kepincut Raisin Soda Bread. Resepnya cuma pake soda kue doang. Sip deh. Apalagi nggak pake telur, asiiikkk (kecup emak Stephany Jaworski). Seperti biasa resepnya saya modif ya. Gatel nih kalo nggak main modif. Stephany menyarankan untuk menyajikan kue ini selagi hangat dengan diolesi mentega atau selai. Tapi orang rumah cukup dicelup ke dalam kopi susu aja, karena tidak manis, cenderung agak tawar. Nyam-nyam. Tetep nyamleng kok. Teksturnya padat dan mengenyangkan.  Mirip muffinkah ? Yaaahh sebelas duabelas deh alias mirip....


Raisin Soda Bread
Sumber : Joy of Baking
Modif : Rina Audie

Bahan :
390 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
1 sdt soda kue
1 sdt garam halus
60 gr gula pasir
55 gr mentega tawar (pake margarin boleh tapi garamnya dikurangi ya)
50 gr kismis, rendam air hangat sampai mengembang, tiriskan
30 gr choco chips
330 ml homemade buttermilk (dari 315 ml susu cair hangat + 15 ml air jeruk nipis/air cuka)

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, alasi kertas dan olesi minyak/margarin. Panaskan oven dengan suhu 190 °C.
  2. Dalam wadah besar campur dan ayak jadi satu terigu, soda kue dan garam halus. Aduk rata. Masukkan gula pasir, aduk kembali sampai rata.
  3. Masukkan mentega di tengah, aduk menggunakan garpu/pisau pastri sampai menjadi adonan yang berbutir-butir. Masukkan kismis dan chocochips, aduk rata kembali.
  4. Tuangkan buttermilk sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu sampai menjadi adonan yang lembek, pekat dan lengket.
  5. Tuang ke dalam loyang, ratakan. Dengan menggunakan pisau kerat permukaannya berbentuk silang sedalam ±4-5 cm.
  6. Panggang dalam oven selama 40-50 menit sampai permukaannya kuning kecoklatan (saya 40 menit). lakukan test tusuk dengan lidi. Jika lidi keluar bersih artinya sudah matang. 
  7. Keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang selama 15 menit. Balik kue kemudian sajikan hangat.

4 komentar:

  1. Enak bangat ni nampak nya Rina..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. Dinikmati bersama kopi susu cocok juga

      Hapus
  2. wah, samaan mbaa..disini juga lagi pada meler.. ;(
    buat sarapan sambil nyruput kopi susu enyak kayanya ini..nyamm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi buat sarapan memang paling pas ini.
      Moga pada cepet sembuh yaaa (peyuuukk)

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.