Ayam Goreng Sambel Terong

Assalamualaykum


Nggak sengaja ketika browsing internet saya kok ketemu resep ayam goreng pake sambel terong.
Kayaknya enak deh karena siapa sih yang nggak suka ayam goreng plus sambel ?  Apalagi di rumah juga doyan sambel terong. Menu yang pasti cocok buat orang rumah. Ide resepnya ngintip dari sini ya. Dan ketika belanja di tukang sayur alhamdulillah masih ada ayam 1/2 ekor. Langsung capcus deh. Bahannya mudah kok cuma ayam dan terong terus bikin sambel tomat  aja. Jika punya resep sambel andalan silakan dipake ya.

Bahan :
1/2 ekor ayam, dipotong sesuai selera
2 lbr duan salam
sepotong lengkuas, memarkan
3 lbr daun jeruk
200 ml air

Bumbu ungkep untuk ayam :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm jahe
3 cm kunyit
2 butir kemiri
1 sdt garam

Bahan sambel terong
2 bh terong ungu
5 bh cabe merah besar
10 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir tomat merah, potong bulat tipis
1 sdt terasi bakar
2 lbr daun jeruk
1 sdt gula merah sisir
1/2 sdt garam halus

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ayam, sisihkan. Rebus air, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan daun jeruk sampai mendidih. Masukkan ayam dan ungkep sampai ayam empuk. Angkat dan tiriskan. Goreng ayam sampai kuning kecoklatan. Sisihkan.
  2. Sambel terong : cuci terong kemudian potong dadu. Goreng sampai layu, angkat dan sisihkan.
  3. Rebus semua cabe, bawang merah dan bawang putih dalam air mendidih selama 15 menit, angkat dan tiriskan. Haluskan semua bahan rebusan bersama terasi, sisihkan.
  4. Panaskan sedikit minyak, tumis irisan tomat dan daun jeruk sampai layu. Masukkan cabe halus, garam dan gula merah. Aduk-aduk sampai matang dan agak kering. Koreksi rasanya. Jika sudah pas matikan api.
  5. Sajikan ayam goreng, terong dan sambel ditemani dengan nasi hangat.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

jadi lafar saya mbak.....hehheeh
besok mau minta mamak masak sambal tauco ala mb rina .
biar ada variasi yo mbak..... :)

Aiiihhh.... menggugah seleraaa...

wakz,sambelnya nggak nguati bangetttt....^^

ahh..klo mampir sini selalu ngileeer.. >.<

yoi semoga cocok ya sambel tauconya dengan selera keluarga

apapun lauknya yang penting sambel ya hihi...

buruan ambil nasi terus makan yah

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon