Laman

Senin, 06 April 2015

Oseng Labu Air

Assalamualaykum


Pernah lihat labu air ? Seumur hidup baru di Ciledug saya lihat labu air. Ada juga yang bilang labu botol karena labu ini bentuknya ada yang mirip botol.
Labu ini bisa digunakan untuk masakan dan konon untuk bikin perabotan juga. Ketika tanya ke tukang sayur, labu air bisa dimasak dengan santan seperti lodeh atau sambel goreng. Atau dimasak tumis. Awalnya saya pingin masak lodeh tapi mengingat akhir-akhir ini sering mengkonsumsi santan, jadi berubah pikiran untuk masak tumis aja. Seperti biasa masakan tumis atau oseng yang sederhana, menyesuaikan stok bumbu di dapur.


Bahan :
300 gr labu air
200 gr tempe
2 bh wortel, potong bulat serong
8 bh kacang panjang, potong 2 cm
1 tongkol jagung manis, disisir bijinya
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm kecap manis
1 sdt saus tiram
75 ml air

Bumbu iris :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting
6 bh cabe hijau besar
3 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Kupas labu air kemudian potong dadu, sisihkan. Potong tempe bentuk dadu kemudian goreng sampai matang, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu iris sampai wangi. Masukkan semua sayur seperti wortel, kacang panjang, labu air dan jagung manis. Bumbui garam, gula dan merica. Tuangi air dan masak sampai sayur setengah matang.
  3. Terakhir masukkan tempe, kecap manis dan saus tiram. Aduk rata dan koreksi rasanya. Masak sampai matang dan air mengering.


12 komentar:

  1. Hai Mba Rina, kalo di surabaya nyebutnya waluh putih. Justru saya di BSD sini jarang ketemu :D
    Biasa dibuat sayur bening sama bayam atau dibuat campuran rawon juga enak. Kalo panas dalam manjur banget lho Mba. Dulu waktu kecil kalo lagi sakit pasti sama Mama saya diparutin ini terus diambil airnya, langsung sembuh :)

    -Indah-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga indah. Waaaahhh nice info inih. Bisa dimasak sayur bening dan rawon juga ya ? Sip, kapan-kapan mau bikin ah. Di rumahku tiap hari tuakng syur bawa lho labu ini. Dikirimin dari ciledug mau gak hahahaa....becanda
      Ini labu berkhasiat buat obat juga to ? walaaahhh ketinggalan banget aku hihi....makasih ya tuk segala infonya yang bermanfaat.

      Hapus
  2. Di Cirebon juga d sebutnya Waluh Putih...
    Seringnya dimasak sayur lodeh memang mba... enak di perut, adem....
    :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku yang ketinggalan emang. Kapan-kapan mau ngelodeh labu ini juga ah

      Hapus
  3. seringnya dibuat sayur bening,kalau dioseng belum pernah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lho dioseng. Cobain aja kalo ada waktu

      Hapus
  4. rizka ibue kayla kanaya6 April 2015 15.36

    kalo dimalang namanya blonceng mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kalo blonceng aku pernah dengar tapi gak tau wujudnya. Ternyata labu air ya

      Hapus
  5. kayanya pernah liat ibu mertua masak sayur ini mba.. buat campuran bening kalo ga salah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lho labu air ini. Rasanya kayak paduan labu siam dan oyong gitu

      Hapus
  6. kalau kami di sini, masak lemak labu air ni :) datang sini Rina :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak lemak maksudnya menggunakan santan ya. Enak dong

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.