Halaman

Sabtu, 04 April 2015

Martabak Telur

Assalamualaykum


Dingin-dingin gini perasaaan mirip orang ngidam. Maunya makan yang anget-anget dan gurih.
Biasanya saya minta bapaknya anak-anak untuk beli martabak telur. Tapi kalo sering-sering beli kok berasa mahal ya. Udah gitu isinya tipis trus dagingnya nggak berasa. Akhirnya kepikir untuk bikin martabak telur sendiri aja. Sekalian uji nyali apakah saya bisa bikin kulitnya yang tipis membentang tanpa sobek. Tiap kali beli martabak telur sendiri, saya selalu suka melihat atraksi tukang martabak menipiskan adonan kulitnya. Ketika bikin kulitnya saya hanya menipiskannya langsung di atas wajan teflon lebar kemudian dituangi adonan telur. Alhamdulillah bisa deh. Resep kulitnya mirip kalo kita bikin roti/donat. Diuleni dulu sampai kalis kemudian direndam minyak supaya lentur. Asik deh tadi saya bikin martabak ini. Sebagai imbalan atas jerih payah bikin martabak, saya diganjar keluarga dengan melihat mereka menyantap martabak dengan lahap. Alhamdulillah....


Bahan kulit :
150 gr terigu protein tinggi
1/8 sdt garam halus
100 ml air suhu ruang
2 sdm minyak goreng
minyak goreng cukup banyak untuk merendam

Bahan isi :
6 butir bawang merah*
4 siung bawang putih*
1 sdt ketumbar*
2 butir kemiri*
1/2 sdt jintan*
1/6 butir biji pala*
200 gr daging sapi/ayam, cincang halus
3 bh sosis, potong dadu
2 sdt bubuk kari
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
50 ml air

Bahan campuran per bagian :
2 batang daun bawang, iris halus
1/2 butir bawang bombay
3 sdm tumisan daging/ayam
2 butir telur bebek/ayam
sejumput garam dan merica bubuk (optional)

Cara membuat :
  1. Kulit : Campur terigu, garam dan air sedikit demi sedikit, uleni sampai menggumpal. Masukkan minyak goreng, uleni kembali sampai kalis elastis. Bagi jadi 3 bagian kemudian bulatkan. Letakkan bulatan tadi di dalam mangkuk berisi minyak goreng dan direndam selama 2 jam. Sisihkan.
  2. Isi : haluskan semua bahan bertanda *. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis sampai wangi. Masukkan ayam, sosis, bubuk kari, garam, gula dan merica. Tuangi air dan masak sampai air mengering. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan daun bawang dan aduk rata. Matikan api, dinginkan.
  3. Penyelesaian : siapkan wajan datar anti lengket (minimal) diameter 28 cm. Biarkan kering tanpa dioles minyak. Ambil satu buah bulatan kulit. Letakkan di atas wajan. Tipiskan menggunakan telapak tangan supaya melebar. Setelah adonan agak tipis tekan-tekan sambil dilebarkan menggunakan jempol dan jari sehingga adonan jadi tipis dan transparan. Jika lebarnya melebihi wajan tidak mengapa.
  4. Dalam mangkuk ukuran sedang campur semua bahan campuran, aduk sampai rata. Tuang bahan campuran ini ke atas kulit kemudian lipat bentuk amplop. Nyalakan api kecil-sedang. Setelah panas beri sedikit minyak goreng. Goreng martabak sampai bawahnya kuning kecoklatan. Balik sekali dan goreng sampai matang. Angkat dan sajikan hangat.
Hasil : 3 buah


4 komentar:

  1. tsakeeeup fotonya mbaa..
    *comot satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. makaciiihhh....itu karena bosen background-nya gitu-gitu aja. Biar ada variasi

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.