Halaman

Jumat, 03 April 2015

Kolak Bajigur

Assalamualaykum


Rasanya masih penasaran dengan Nutrisari W’dank Bajigur kemarin deh. Karena saking enaknya saya berpikir untuk diolah jadi minuman lain.
Kali ini saya bikin kolak aja. Karena W’dank Bajigur ini sudah mengandung santan dan gula yang notabene bahan utama kolak pasti cocok deh. Kolaknya hanya berisi ubi dan pisang karena stok didapur saya hanya ada bahan itu. Ngabisin sisa ubi kemarin. Ubi yang saya beli dua macam. Satu macam kulitnya biasa saja (putih gitu) dan satunya agak kemerahan dan kata tukang sayur ubi merah. Tapi begitu dikupas kok warnanya kuning nih. Berarti ubi kuning dong. Setelah direbus ternyata benar ubi kuning karena warnanya tidak berubah. Sebenarnya kalo untuk kolak saya lebih suka ubi merah karena cantik warnanya. Ketika saya bikin kolak ini dan bajigurnya dimasukkan hmmmm wanginyaaaa.....Untuk membuat kolak bajigur ini saya melarutkan W’dank Bajigur dengan air panas dulu. Tujuannya supaya aromanya keluar. Setelah diseduh baru deh dimasukkan ke dalam kolak yang sedang dimasak. Setelah matang ternyata pada suka. Kolak yang saya buat ini rasanya lain daripada yang lain. Ya iya dong, kan pake Nutrisari W’dank Bajigur...

Bahan :
2 sachet (@15gr) Nutrisari W’dank Bajigur
300 ml air panas
200 ml santan kental dari ½ butir kelapa
400 ml santan encer sisa perasan santan kental
2 lbr daun pandan, simpulkan
2 butir (+- 300 gr) ubi kuning kupas, potong dadu
2 bh pisang tanduk, potong bulat-bulat
50 gr gula merah
1/8 sdt garam

Cara membuat :

  1. Seduh Nutrisari W’dank Bajigur dengan air panas, aduk rata dan sisihkan. 
  2. Rebus santan encer dan daun pandan sampai mendidih. Masukkan ubi dan rebus sampai  matang dan empuk. 
  3. Masukkan pisang, santan kental, gula merah, garam dan larutan Nutrisari W’dank Bajigur. Didihkan kembali sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. 
  4. Koreksi rasanya. Jika santan dirasa menyusut terlalu banyak atau terlalu manis tambahkan air panas. 

2 komentar:

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.