Halaman

Jumat, 20 Februari 2015

Nugget Pisang Coklat Keju

Assalamualaykum


Beberapa waktu lalu ketika saya belanja buah di pasar induk dan melihat ada pisang kepok, seketika pingin beli.
Dasar emak-emak, kalo belanja suka lafar mata. Padahal belum tau mau dibikin apa. Untung pisangnya masih agak mengkal jadi ada waktu buat cari ide mengolahnya. Setelah dipikir saya kok kepingin nugget pisang lagi ya. Tapi kali ini diberi keju dan coklat beras (meises) biar lebih kaya rasa. Selain itu saya tidak menggunakan telur dalam adonannya untuk memenuhi permintaan pembaca yang tidak mengkonsumsi telur. Ketika dipotong tidak patah. Tapi tetap harus hati-hati karena adonan yang dikukus mengandung banyak air. Setelah matang dan dinikmati duuuhhh enak banget. Tepung panirnya kriuk-kriuk, dalamnya lembut.

Nugget Pisang Coklat Keju
Sumber : Nugget Pisang
Modif  : Rina Audie

Bahan :
350 pisang kepok tanpa kulit, potong dadu (pake pisang ambon, uli atau raja juga bisa)
1 sdm margarin
75 gr tepung terigu
1 sdm gula pasir
300 ml susu cair
3 sdm penuh tepung jagung
100 gr keju cheddar, diparut
75 gr coklat beras/choco rice/meises

Pelapis :
terigu + air, aduk rata sampai kental seperti bikin tempe mendoan
tepung panir/tepung roti secukupnya

Cara membuat :
  1. Campurkan terigu dan gula pasir kemudian tuangi susu cair, aduk sampai larut, sisihkan.
  2. Panaskan margarin sampai meleleh, masukkan larutan terigu aduk sampai kental. Begitu mengental segera matikan api dan dinginkan. Sementara itu panaskan kukusan dan siapkan loyang persegi ukuran 20x20 cm, yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
  3. Setelah adonan terigu dingin masukkan pisang dadu, tepung jagung, keju parut dan coklat beras, aduk rata. Tuangkan ke dalam loyang dan kukus selama 30-40 menit. Dinginkan kemudian masukkan ke dalam kulkas supaya lebih padat dan kokoh.
  4. Keluarkan dari loyang, potong-potong sesuai selera. Celupkan ke larutan terigu dan gulingkan dalam tepung panir. Diamkan selama minimal 30 menit supaya lebih melekat. 
  5. Goreng dalam minyak yang banyak sampai kuning kecoklatan.

7 komentar:

  1. enak ni Rina pisang di bikin nugget, tambah keju dan coklat pasti bertambah enak ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak noor. Nugget ini enak banget. Buat teman minm teh sore hari sangat pas.

      Hapus
  2. Wahhh... cemilan sehat nie mba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi....insya allah sehat bu gulu.

      Hapus
  3. maauuu.... sepiring ya Mbaak :)

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum mbak rina...
    Salam kenal yaa
    Saya sering intip2 dapur manis mbak rina ini...
    Dan udah sering mengeksekusi resep2nya..,
    Tapi krn saya ga pandai ngeblog jd ga saya publish hasilnya...
    Hehehhe
    Btw hasil fotonya mantap2 mbak...gimana cara fotonya?
    Sekali kali boleh ya tampilin behind scene pemotretannya..
    Makasih mbak rina semoga sehat selalu..

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.