Halaman

Rabu, 18 Februari 2015

Bakpao Isi Kacang Merah Dan Ayam Pedas

Assalamualaykum


Apa kabar ? Lama ya nunggu update terbaru blog ini. Mohon maaf sebelumnya karena jaringan internet amat sangat lemot dan sering eror.
Alasan klise tapi sungguh menyebalkan bagi pengguna internet seperti saya dan anda jika mengalaminya. Akibat dari masalah itulah mood saya untuk uprek di dapur jadi menurun. Beneran deh kalo inet lemot jadi ngaruh ke mood. Dulu pernah ketika mood sedang tinggi untuk bikin resep baru dan motret, inetnya lemot dan saya ketik di Microsoft Office. Tapi begitu dicopas ke blogger, susunannya jadi berantakan. Malah kerja dua kali deh. Akhirnya sekarang saya pilih absen dulu daripada ngedumel nggak karuan hehe....
Ok kembali ke resep ya. Sebenarnya bakpao ini saya buat dalam rangka menangkal cuaca dingin ketika hujan tiba. Di depan rumah ada juga penjual bakpao yang lewat, tapi kadang si abang ini jalannya ngebut sehingga saya ketinggalan ketika memanggilnya. Jadi ya kepaksa harus bikin sendiri. Apalagi kalo beli dapatnya sedikit. Jika bisa membuatnya sendiri dan hasilnya enak serta banyak, kenapa tidak. Resepnya saya contek dari mb Endang JTT. Resep ayam pedas saya contek dari sini. Enyak banget lho ayam pedas ini. Suer nggak bohong, meski ada bahan yang dihilangkan karena saya nggak punya. Sedang kulit bakpao saya contek dari blog itu juga. Bakpao ini hasilnya lembut dan empuk. Saya pake terigu protein rendah supaya empuk. Setelah dingin memang tidak empuk lagi, tapi tidak keras atau padat. Jika ingin empuk, kukus dulu sebentar dan bakpao siap dinikmati dalam kondisi terbaik, anget-anget....


Isi pasta kacang merah :
150 gr kacang merah kering
500 ml air
4-5 sdm gula pasir
1/4 sdt vanili bubuk
1/8 sdt garam halus
2 sdm minyak goreng

Cara membuat :
  • Rebus kacang merah dalam air mendidih selama 10 menit. matikan api dan biarkan semalam. Keesokan harinya rebus kembali dengan air yang sama sampai empuk kurleb 30 menit.
  • Masukkan kacang merah rebus bersama sedikit air sisa rebusan ke dalam blender dan proses sampai halus.
  • Tuang ke dalam wajan. menyusul gula pasir, vanili dan garam. Masak sampai mengering dan koreksi rasanya. Matikan api, masukkan minyak goreng dan aduk rata. Dinginkan. Bagi jadi 5 bagian dan bulatkan, sisihkan.

Isi Ayam Pedas :
400 gr daging ayam tanpa tulang, potong dadu
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
3 sdm kecap manis
1 bh bawang bombay, iris tipis
5 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
3 sdm saus tomat
3 sdm saus sambal (nggak punya, saya nggak pake)
3 bh cabe rawit merah, cincang halus
1 sdt garam
 2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk

Cara membuat :
  • Campur daging ayam bersama saus tiram, kecap ikan dan kecap manis, aduk rata dan sisihkan.
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan daun bawang sampai harum. Masukkan ayam berbumbu. Menyusul saus tomat, saus sambal dan cabe rawit. Bumbui garam, gula dan merica bubuk, aduk rata. Koreksi rasanya. Masak sampai ayam matang dan kuahnya mengering. Dinginkan.
Kulit Pao
Sumber :  Roti Pao Empuk ala Tobias Lee - JTT

Bahan biang :
300 ml susu cair hangat
1 pack (11 gr) ragi instant
3 sdm gula pasir

Bahan utama :
500 gr terigu protein rendah + 2-3 sdm terigu untuk cadangan
1/2 sdt garam halus
3 sdm gula pasir
3 sdm mentega putih, cairkan
kertas roti ukuran 8x8cm untuk alas bakpao

Cara membuat :
  1. Biang : campur semua bahan biang jadi satu dan diamkan 15 menit sampai berbuih.
  2.  Dalam mangkuk besar campur semua bahan utama kecuali mentega putih, buat lubang di tengahnya. Tuang biang ke dalamnya kemudian uleni sampai rata dan menggumpal. Jika lengket, masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai tidak terlalu lengket.
  3. Masukkan mentega cair, uleni kembali sampai kalis elastis. Bulatkan kemudian tutup dengan serbet lembab dan fermentasikan di tempat hanagt selama minimal 1 jam (saya 1,5 jam).
  4. Setelah fermentasi berakhir kempiskan dan uleni sebentar untuk menghilangkan semua udara di dalamnya. Bagi adonan @ 50 gr, bulatkan. Ambil 1 buah bulatan kemudian isi dengan pasta kacang merah dan ayam pedas. Bentuk sesuai selera. Letakkan di atas kertas dan diamkan 15 menit.
  5. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya. Kukus bakpao menggunakan api kecil-sedang selama 15 menit sampai matang. Angkat dan nikmati selagi hangat.
Hasil : 19-20 buah



13 komentar:

  1. Assalamualaikum...mbak rina audie
    Salam kenal saya khadijah
    Syuukaaaaa sekali dengan blognya mbak...
    Resep2nya aduhaiii indonesia banget.., bahan2nya ga susah di cari..
    Slalu jadi referensi sblm masuk dapur...
    Hehehehe
    Saya juga syuukkaa poto2nya, sederhana tapi menggoda ,, boleh donk mbak ngasi tips biar potonya bs kyk punya mbak Atau behind the scene nya lah..hehehehe mksh mbak.., dibales yaa mbak
    Hehehehe *sedikit maksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam. Salam kenal juga khadijah.
      Alhmdulillah senang rasanya jika blog ini dijadikan rujukan bila mau ke dapur. Memang iya seleranya lokal banget. Orang rumah kalo disediakan spagheti atau mie ayam, pasti lebih pilih mie ayam, hehe....
      Ini foto memang sederhana karena jika selesai motret, males beberes makanya minim properti. Kalo tips, nggak ada yang istimewa, sederhana saja. Ini cuma pake kamera saku terus diedit.
      Behind the scene ? nggak pede rasanya jika tipsnya dibaca para master photography, hehe..yang penting kenal sama kamera kita terus sering praktek. Itu aja kok.

      Hapus
  2. aku suka bakpao kalo masih anget,sukanya yang isi kacang,cokelat sama ayam,kalo yang ayam dicocol pake saos sambal endes bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss bu gulu. Isian bakpao emang enyak semua ya...

      Hapus
  3. Sy pilih yg isi ayam pedas yaaa....

    Jd pgn ikutan bikin... dh lama juga ga nge-bakpao...
    Di resepnya mba endang jtt kan pk tepung tangmien ymba, tP
    Aku gak prnah pk twpung tangmien mba... ga tau yg ky gmn bntuknya... hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk bikin biar nggak ngiler. Pake tepung protein rendah empuk juga kok. Menul menul gitu bakpaonya.

      Hapus
    2. Jadi pengeen Mbak... Pake isian ayam pedas mantab bangeet kayaknya...

      Hapus
    3. yuk bikin um. Anak-anak pasti suka bakpao. Yang isi ayam pedas emang endang biyanget rasanya....

      Hapus
  4. Tante Rina maaf ya numpang komen disini hehe :p
    Mau tanya dong tan, kan saya mau bikinin temen saya brokoli panggang yg dicampur kentang itu lho tan tapi temen saya alergi sama keju + telur + ayam nah enaknya diganti apa ya tan? terus kalo itu nanti dikukus sama aja kan ya? hehe maaaf ya tan saya pingin belajar masak :p
    oh iya kalau sempet bisa kasih rekomen makanan yg gapake keju, telur, ayam, coklat, kangkung, timun, kol dont tante mau bikin2 tapi pasti setiap resep yg saya cari ada bahan yg gabisa saya pake hehe kalau sempet aja sih tan, terimakasih Tante Rina <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh pantangannya banyak banget itu. Apa tidak lebih baik konsultasi kepada ahlinya saja. Bukannya nggak mau bantu tapi saya nggak tau harus pake bahan apa kalo banyak pantangan gitu hehehe...Maaf ya kalo nggak bisa memberi solusi yang dibutuhkan.

      Hapus
  5. Wuihh..menul2 mbaak..jd mendadak pgn bakpao
    >.<

    BalasHapus
  6. Wuihh..menul2 mbaak..jd mendadak pgn bakpao
    >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa...lama gak keliatan. Hayuk bikin bakpaonya. Enyak empuk ini bakpaonya.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.