Laman

Senin, 09 Februari 2015

Kikil Dan Rebung Masak Tauco

Assalamualaykum


Masak yang simple lagi....Cukup lama nih saya nggak masak kikil. Habis belum ada ide baru mau mask kikil yang bagaimana lagi gitu.
Setelah kemarin dikasih tau tukang sayur untuk masak kikil dengan rebung langsung deh beli bahannya. Masaknya sederhana saja pake tauco. Cukup cemplang cemplung dan srang sreng udah jadi tuh, tinggal dimakan dengan krupuk dan nasi anget, enyak bangeett... Kikil yang kenyal-kenyil beradu dengan rebung yang kres-kres, pas deh. Oh ya tips untuk menghilangkan bau rebung gampang lho. Cukup direbus dalam air mendidih sebanyak 3 kali. Setiap kali selesai direbus, buang airnya dan ganti dengan air bersih, kemudian direbus kembali. Dengan cara begitu insya allah bau rebung akan hilang.

Bahan :
350 gr kikil sapi yang sudah direbus, potong dadu
150 gr rebung (tunas bambu yang masih muda), iris tipis
2 sdm tauco
1 sdt kecap ikan
2 sdt saus tiram
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
3 sdm kecap manis
1/8 sdt merica bubuk
200 ml air
1 butir tomat merah, potong kasar

Bumbu iris :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 bh cabe merah keriting
3 bh cabe merah besar
2 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Rebus rebung dalam air mendidih selama 10 menit. Buang airnya, ganti dengan yang baru. Rebus kembali selama 10 menit. Lakukan hal yang sama sekali lagi. Tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi. Menyusul semua cabe, tauco dan kecap ikan. Aduk-aduk sampai layu.
  3. Masukkan kikil, garam, gula pasir, kecap manis, merica bubuk dan air. Masak sampai mendidih dan sedikit menyusut airnya.
  4. Setelah bumbu agak meresap masukkan rebung. Lanjutkan memasak sampai kikil dan rebung jadi empuk. Terakhir masukkan tomat. Koreksi rasanya. Jika air dirasa kurang, tambah dengan air panas.


2 komentar:

  1. Duluuuu bgt sy prnah nyicip rebung mba, eh bau apek2 gimanaaa gitu... hihihi...
    Smp skrg blm prnah makanin lg...
    Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rebung biasanya bau pesing hihi....cara ngilangin baunya itu ya direbus bolak-balik bu gulu. Itu udah aku buktikan di resep atas. Tapi kalo beli jadi, udah siap makan dan bau gitu aku juga gak doyan.
      Kapan-kapan cobain masak rebung sendiri deh bu.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.