Laman

Selasa, 10 Februari 2015

Bolu Kukus Mekar Coklat

Assalamualaykum


Agak lama saya nggak bikin kue, ternyata orang rumah pada kangen. Kemarin bapaknya anak-anak tanya "mana nih kue ? Kok udah lama nggak bikin ?".
Memang akhir-akhir ini mood bikin kue rada meredup. Maunya masak aja kemudian dijepret dan diposting. Padahal list udah menumpuk nggak karuan di hp dan mengakibatkan lemot karena memori jadi semakin penuh. Bahan cake seperti tepung juga harus segera diberdayakan supaya tidak rusak. Karena sudah ditanyain akhirnya nyari resep yang simple. Pilihan jatuh kepada bolu kukus yang mekrok. Kangen dengan sensasi deg-degan ketika ngintip apakah kuenya mekar atau tidak, hihi....Resep ini modifikasi dari bolu kukus gula merah yang dulu sempat heboh di fb. Pingin tau juga, masih sakti enggak nih tangan jika bikin kue mekrok hihi... Cetakan yang saya pake menggunakan cupcake yang dialas kertas, bukan cetakan bolu kukus yang berlubang. Tujuannya untuk menghindari percikan air dari bawah yang bisa bikin bantet/kempis kuenya. Karena judulnya coklat adonannya tentu saja pake coklat dong. Coklat yang dipake coklat blok dan coklat bubuk. Tepung juga diberi sedikit tepung jagung supaya lembut. Setelah matang dan dicicip hmmm teksturnya padat sedikit lembut dilidah ketika diemut. Enyak deh pokoknya. Nyoklut lagi....

Bolu Kukus Mekar Coklat
Sumber : Bolu Kukus Gula Merah
Modif : Rina Audie

Bahan :
100 gr gula merah, diserut 
100 gr coklat blok/coklat batang, cincang kecil
200 ml air (boleh pake susu cair)
1 butir telur utuh
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
200 gr tepung terigu protein sedang/serbaguna (saya pake merk Segitiga Biru)
25 gr tepung jagung/maizena
25 gr coklat bubuk
100 ml minyak goreng

Cara membuat :
  1. Alasi cetakan cupcake dengan kertas. Panaskan kukusan supaya mendidih dan beruap banyak.
  2. Rebus gula merah, coklat blok dan air sampai gula menjadi larut. Angkat dari api dan saring. Ukur sebanyak 350 ml. Biarkan suam kuku/hangat. 
  3. Campur dan ayak tepung terigu, tepung jagung dan coklat bubuk. Sisihkan.
  4. Dalam sebuah wadah kocok telur, gula pasir, garam, soda kue dan baking powder sampai kental dan gula menjadi larut .Gunakan speed tinggi ya.
  5. Masukkan campuran tepung, sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah berselang seling dengan larutan gula coklat, kocok rata. Awali dengan tepung dan akhiri dengan tepung juga. Matikan mixer. Adonan yang tebentuk kental.
  6. Tuangkan minyak goreng, aduk menggunakan sendok kayu sampai rata. Bentuk akhir adonan adalah kental dan pekat. Masukkan adonan ke dalam cetakan sampai penuh.
  7. Masukkan ke dalam kukusan yang telah beruap banyak. Beri jarak diantaranya supaya uap air bisa naik ke atas dan menyebar rata sehingga kue bisa mekar semua. Kukus selama 20-25 menit. Selama mengukus jangan dibuka-buka ya supaya tidak bantat.
Hasil 15-16 buah


10 komentar:

  1. Nampak sungguh mekar bolu nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cheq da, ini mekar semua bolu kukusnya

      Hapus
  2. ngakak banget mbak bolunya,oleh ambilselusin nggak???^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo diambil selusin eike cuma dapat 3-4 biji doang yah hihi....

      Hapus
  3. waah...mekarnya cantiik Mbaak....

    BalasHapus
  4. Ouuuwwhhh... lamaaaa ga bikin si cantik mekrok ini...
    Cokelat pula....


    Bagi doooong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah habis, hihi....ayo bikin lagiiiii.....

      Hapus
  5. mbak rinaaa itu ngakakkk bangeeet loh. aq termasuk yg kena kutukan bolkus kayaknya. gak pernah suksess bikin. lama gak mampir sini, makin cakeep potonya ih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...emang sih kutukan bolkus bisa menimpa siapa aja. Jadul waktu masih sekolah kalo bikin bolkus juga mingkem semua.
      Yuk cobain aja, cuma pake 1 telur. Kalo gagal tuh nggak nyesek banget hehe....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.