Pages

Monday, November 19, 2012

BOLU KUKUS GULA MERAH

Assalamualaykum




Hari ini saya sedang kepingin kue yang mekrok-mekrok, hehe...Yang jadi korban adalah Bolu Kukus Gula Merah yang mejeng di tabloid Lezat.
Resep aslinya menggunakan 500 gr terigu. Tapi saya cuma bikin separuhnya saja. Takaran gula juga saya kurangi sedikit. Takut terlalu manis, karena kurang suka yang manis. Udah lama sih pingin nyoba tapi kok moodnya baru datang hari ini. Kue ini bahannya simpel aja nggak pake yang aneh-aneh. Cara membuatnya pun gampang banget. Cuma pake mixer aja. Kalo nggak ada mixer bisa juga pake whisker. tapi nanti agak pegal ngocok telurnya, hehe...

Proses membuatnya sama dengan bolu kukus yang lain kok. Telur dikocok sampai mengembang kemudian bahan cair dan tepung dimasukkan dan dikocok rata. Cetakan yang saya gunakan ada 2 macam, yang satu pake cetakan bolkus dan satunya pake cetakan cupcake/muffin. Hasilnya ?? Mekrok semua !! Tapi tetap ada perbedaanya. Yang memakai cetakan bolkus bisa menjulang tinggi dan merekah lebih lebar. Sedang yang pake cetakan cupcake/mufin, mekarnya lebih sopan dan nggak over. Liat aja di fotonya ya. Kue yang didalam besek itu yang memakai cetakan bolkus. Sedang yang diluar besek, memakai cetakan cupcake/muffin.

Cara mengukusnya juga sama dengan bolu kukus. Tutup kukusan harus dialasi serbet supaya uap air nggak netes. Air untuk ngukus juga jangan terlalu banyak supaya tidak memercik ke dasar kue yang bisa menyebabkan bantat. Penggunaan air secukupnya saja. Untuk sekali kukusan air tinggal sedikit sekali, tapi jangan sampai kering. Nanti bisa bau gosong kalo sampai kering. Yuk dicoba yuk resepnya. Lumayan buat naikin adrenalin lho, hihi...









Bahan :
200 gr gula merah
200 ml air
1 butir telur ayam
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
250 gr tepung terigu protein sedang (saya pake merk Segitiga Biru)
125 ml minyak goreng

Cara membuat :
1.Rebus gula merah dan air sampai gula menjadi larut. Angkat dari api dan dinginkan. Saring dan ukur sebanyak 275 ml.
2. Alasi cetakan bolu kukus atau cupcake dengan kertas. Panaskan kukusan.
3. Dalam sebuah wadah kocok telur, gula pasir, garam, soda kue dan baking powder sampai mengembang dan gula menjadi larut .Gunakan speed tinggi ya.
3. Masukkan larutan gula merah, kocok rata.
4. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata.
5. Tuangkan minyak goreng, kocok sampai rata. Masukkan adonan ke dalam cetakan sampai penuh.
6. Masukkan ke dalam kukusan yang telah beruap banyak. Beri jarak diantaranya supaya uap air bisa naik ke atas dan menyebar rata sehingga kue bisa mekar semua. Kukus selama 25 menit. Selama mengukus jangan dibuka-buka ya supaya tidak bantat.




21 comments:

  1. jadinya berapa banyak tuh say? jadi pengen coba, btw foto yg ke 3 dan terakhir sukaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya jadi 13 biji mb Erika. Itu separuh resep ya...
      makasih buat pujiannya. Emang kok foto yang disebut itu menurutku juga paling ok, hehe...

      Delete
  2. salam dari malaysia..nampak enak kukusannya..follow di sini.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya terlambat sekali menjawab komentar anda...
      terimakasih sekali sudah jadi follower Dapur Manis...

      Delete
  3. Aq dah cobain lho resep bolkus gula merah yg dari mba,hasilnya pertama bikin mingkem krna ga pk soda kue,,ke-2 hslx walah ngakak ampe belah 4 syg rasax krang enak mgkn kbykn bp ama sp nya x trs hari ini aq bikin lg krn permintaan ade aq hslnya diluar prkiraan ngakak wlo blh3 + rsx yg muantap enak....makasih ya resepnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh senangnya kalo dapat laporan seperti ini mb Dini.
      Bolu kukus ini memang harus menggunakan bahan pengembang supaya bisa mekar.
      Jika tidak pake sama sekali ya pasti mingkem.
      Tapi kalo kebanyakan rasanya jadi seperti sabun dan getir/pait...

      Delete
    2. Lapor mbak Rina, wekeend kemarin bikin bolkus gula merah ini juga, berhasil mekar, dan bawahnya nggak menciut. Ikuti sarannya mbak Rina nggak kebanyakan air, enaaak banget mbak, suamiku juga doyan hihihi.. makasih banyak ya mbak sharing resep sama ilmunya, jadi nggak takut lagi bikin bolu kukus merekah ^^..

      Delete
    3. waaa...senangnya baca laporan begini. Syukur deh kalo hasilnya disukai. Habis ini langsung ke TKP ya, mau liat hasilnya...

      Delete
  4. klihatannya enak nih bolu kukus gula merahnya mbak rina.
    saya coba buat ah. maklum banyak gula merha di rumah :D

    salam kenal

    Widhi - Supplier Gula Merah Kelapa

    ReplyDelete
  5. Pernah coba yang yang ini juga, enaaaak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur kalo disukai mbak. Ikut seneng bacanya...

      Delete
  6. Mbak Rina....makasih resepnya yaa, saya udah nyobain, dan bolu kukus ini menjadi bolu kukus pertama saya dan berhasil. Rasanya juga enak *kata yang pada nyicipin. Cuma ga tau cara bikin mekroknya gmn.
    Salam
    Canna Edulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama. Lha kalo berhasil artinya sudah mekrok/mekar dong. Jika ingin mekrok lebar harus banyak latihan lagi, biar tau karakter adonannya. Selain itu takaran soda kue jangan dikurangi ya biar bisa ketawa itu bolkusnya

      Delete
  7. salam kenal mba rina...mba knp y bolkusku mekar tp pas d bk tu2p dandangya
    ko langsung ciut, bawah + dalamnya bantat pdhl air dlm panci g terlalu byk.
    aq ngukus pk api bsr.
    apa yg slh y mba? mhn bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dikukus pake api besar sudah bener itu. Tapi jika menciut berarti bawahnya kecipratan air kukusan. Air harus dikurangi lagi. Sekali ngukus air tinggal sedikit sekali tapi jangan sampai kering supaya tidak bau gosong.
      Atau bisa juga karena jarak saringan dengan tempat air terlalu pendek sehingga air kukusan masih bisa memercik ke atas.

      Delete
  8. Salam kenal mbak Rina, kemaren lagi liat2 blog kue kue Indonesia trus mentok ke blognya Mbak Hesti en akhirnya ke tempat Mbak Rina. Kalo liat picturenya aja dah ngiler dech. jadi pengen nyoba :). Ntar kalo dah dicobain saya beritahu hasilnya. Salam dari Negri Kincir Angin.

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum mbk Rina, saya mau ngucapin terimakasih karena dari blog ini saya berani nekat bikin 160 cup, dan alhamdulillah semua sukses mekar,, tahu gak mbk sehari sebelum bikin saya seharian cm membaca resep ini smpai berkali kali,,, dan harap2 cemas soalnya sudah terlanjur bilang sanggup bikin buat acara mertua, (pdahal belum yakin bisa apa enggak),,plong rasanya,, TErimakasih,, Jazakillahu khoir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumsalam
      Masya Allah 160 pcs ? Luar biasa. Selamat, ikut gembira baca laporan kayak gini. Saya aja kalo disuruh bikin segitu banyaknya bakalan keder tuh. Terus berkarya semoga sukses selalu ya. Aamiin....

      Delete