Laman

Jumat, 06 Februari 2015

Ceker Masak Pedas Manis

Assalamualaykum


Resep yang sempat terlupakan selama beberapa lama akhirnya dibuat juga. Ketika mb Endang JTT posting tentang masakan ceker menggunakan slow cooker membuat saya ingat untuk masak ceker.
Selama ini saya ogah masak ceker karena nggak ada dagingnya dan sempat heran jika beli ceker kok bisa gendut. Sementara kalo saya bikin pada kurus kering semua. Karena dulu pernah baca di blognya mb Endang untuk merendam ceker ke dalam air es supaya gendut/mengembang akhirnya saya praktekan juga tipsnya. dan berhasil lho. Ceker yang telah digoreng segera direndam air es minimal 3-4 jam supaya mengembang. Perjuangan menggoreng ceker sungguh mengerikan buat saya karena telapak tangan sempat kecipratan minyak panas hingga melepuh. Padahal wajan sudah ditutup supaya minyak tidak memercik, tapi ketika sudah matang dan akan diangkat, ada ceker yang meletus !! Apes deh....Meski sedikit tapi masih terasa sakit hingga saya posting resep ini. Kalo disuruh goreng ceker kembali, saya pasti berpikir 3 hari 3 malam untuk memutuskan apakah saya mau melakukannya lagi atau tidak (hayyah...). Setelah cekernya mengembang saya segera menyiapkan bahan untuk bumbu pedas manisnya. Seperti biasa pake bumbu yang simpel aja ya yang ada di dapur saya. Cekidot yuk...

Bahan :
750 gr ceker ayam
2 sdm air jeruk nipis
minyak untuk menggoreng secukupnya
air es (air + pecahan es batu) secukupnya
8 bh cabe merah keriting, iris serong
2 bh cabe rawit mera, iris serong
1 sdt kecap asin/ikan
300 ml air
50-75 ml kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdt garam
2 sdt gula pasir

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ceker kemudian kucuri air jeruk nipis. Biarkan 10-15 menit. Siapkan baskom berisi air dan pecahan es batu. 
  2. Panaskan minyak yang banyak di atas wajan, goreng ceker sampai berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan segera masukkan ke dalam baskon berisi air es. Rendam minimal 3-4 jam (setelah direndam air es saya masukkan kulkas selama semalam).
  3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk sampai wangi, masukkan kecap ikan,cabe merah dan cabe rawit. Aduk-aduk sampai agak kering.
  4. Masukkan air, kecap manis, saus tiram, garam, gula pasir dan ceker yang telah direndam. Jika ceker belum terendam tambahkan airnya. Biarkan mendidih dan menyusut airnya.
  5. Koreksi rasanya. Jika ceker sudah empuk matikan api dan sajikan bersama nasi hangat.

6 komentar:

  1. Dicoba ah tar kalau lagi libur :D, enak tampaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak cuma tampaknya tapi beneran enak hehe...yang asik tuh nyesep-nyesep dan ngrikiti cekernya itu lho....

      Hapus
  2. aarrkkkk...enak banget,nih...mauuu.eh mbak,disini ayam kecapnya enak banget,rempah2nya komplit,yang khas itu baunya,kecap sama rempah2,rempah yang bentuk bintang itu apa ya??itu tu yang sering kena isep hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunga pekak/bunga lawang ya ? hihi...kasian deh kalo sampe keisep, padahal itu kan gak ada enak-enaknya sama sekali. Kalo aku nggak sengaja sering ngunyah lengkuas dalam sayur lodeh, hahahaaa....hora enak blassss....

      Hapus
  3. rizka ibue kaynay10 Februari 2015 11.54

    kl g punya kecap ikan diganti apa mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah pake gak papa kalo gak ada ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.