Laman

Senin, 19 Januari 2015

Chocolate Sourcream Cake

Assalamualaykum


Apa kabar lagi ? Lama nggak ketemu hihi....maaf ya. Saya kena radang tenggorokan tempo hari. Badan rasanya demam dan batuk-batuk mulu.
Sampe nggak bisa tidur karena terganggu batuk yang setiap saat muncul. Tenggorokan terasa selalu gatal aja kalo sedang radang begini. Alhamdulillah saya hanya mengalami selama 3 hari batuk yang cukup melelahkan. Mulai hari keempat batuk mulai reda tapi badan terasa lemas. Seminggu kemudian sudah terasa fit kembali. Alhamdulillah.
Setelah merasa enakan saya segera eksekusi cake yang sudah menunggu di list. Cake buatan kak Ayu Singapore ini sangat menggiurkan sejak tayang di blog. Sebenarnya ini adalah butter cake biasa tapi ada uniknya. Uniknya tuh pake disiram sirup coklat ketika adonan dituang ke dalam loyang. Jadi terbayang sensasi wangi kayumanis dan cake yang teksturnya jadi lebih lembab. Cakenya sih nggak manis, rasa manis didapat dari choco chips yang disebar ke seluruh adonan. Setelah matang dan menginap terasa lebih lembab dan legit deh. Pokoknya enak. Buat kak Ayu makasih tuk resepnya ya....


Chocolate Sourcream Cake
Sumber : Ayu - Curlybabe Satisfaction
Modif : Rina Audie

Bahan cake :
113 gr mentega tawar
60 gr gula halus
20 gr brown sugar (nggak punya, pake gula palem)
2 butir telur utuh
180 gr terigu protein sedang
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/8 sdt garam halus
120 ml krim asam (nggak punya, pake homemade buttermilk)
80 gr coklat chips

Sirup coklat :
20 gr gula palem
1/4 sdt kayu manis bubuk
30 gr coklat batang/coklat blok, cincang kecil
2 sdm susu cair

Cara membuat :
  1. Cake : Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, alasi kertas roti dan olesi mentega/margarin, sisihkan. Panaskan oven suhu 180°C.
  2. Dalam wadah besar kocok mentega, gula halus dan brown sugar sampai putih/pucat. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Menyusul campuran terigu, baking powder, soda kue dan vanili bubuk dengan cara diayak. Kocok dengan speed rendah (boleh diaduk pake spatula).
  4. Tuangkan sour cream, kocok/aduk sampai rata. Terakhir masukkan coklat chips. Aduk rata kembali menggunakan spatula dan sisihkan.
  5. Sirup coklat : dalam wadah tahan panas, campur semua bahan kemudian di tim (double boiler) sampai coklat meleleh dan gula jadi larut. Angkat dari api.
  6. Ambil loyang yang telah disiapkan. Tuang 1/2 bagian adonan cake, ratakan. Dengan menggunakan sendok, tuang 1/2 bagian sirup coklat. Masukkan sisa adonan cake lagi, ratakan. Tuang semua sirup coklat diatasnya.
  7. Panggang dalam oven selama 55-60 menit. Keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang 20 menit supaya kokoh teksturnya. Balik cake dari loyang dan dinginkan di atas rak kawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.