Laman

Sabtu, 27 Desember 2014

Homemade Buttermilk Chocolate Cake

Assalamualaykum


Ternyata rasa malas itu kalo dipiara semakin merajalela ya. Buktinya saya sendiri. Setelah posting terakhir kali, masih merasa ogah-ogahan untuk ngeblog lagi.

Resep ini adalah bukti kemalasan saya. Cake yang sudah dibuat seminggu yang lalu baru masuk blog hari ini. Rasanya sangat nggak enak lho kalo malas gini. Yang paling berasa adalah merasa bersalah kepada anda para pembaca setia yang selalu menanti resep baru dari saya. Maafkan saya yaaa....
Kembali kepada resep sekarang. Setelah mama Aisyah tempo hari posting Sour Cream Chocolate Cake, seketika saya sakau coklat. Lha gimana nggak sakau kalo liat ganache yang tebal itu menyelimuti cake yang keliatan moist. Hmmm slruuuppphh.... Akhirnya keesokan harinya saya segera bikin cake menggiurkan ini. Seperti biasa saya menggunakan bahan yang tersedia di rumah. Sour cream diganti dengan homemade buttermilk. Untuk ganachenya, krim kental diganti susu cair saja dan takarannya sedikit dikurangi supaya tidak terlalu encer. hasilnya enak banget. Cakenya moist, sedikit padat dan ganachenya sedap, nggak eneg. Ada sedikit rasa gurih karena penggunaan margarin. Sekarang kita ceki-ceki resepnya yuk...


Homemade Buttermilk Chocolate Cake
Sumber : Dapur Mama Aisyah
Modif : Rina Audie

Bahan
110 gr mentega tawar
120 ml minyak sayur
35 gr coklat bubuk
240 ml air
1/2 sdt garam biasa

260 gr tepung terigu
350 gr gula pasir (saya pake 275 gr, hasilnya pas tidak terlalu manis)
1 1/2 sdt baking soda
1 sdt vanilla extract
2 telur ukuran besar
120 ml homemade buttermilk (120 ml susu cair hangat  + 1/2 sdm air perasan lemon/nipis, biarkan di suhu ruang/hangat selama 15 menit, aduk hingga mengental. Siap dipakai).

Cara membuat
1. Panaskan oven 180 C. Olesi loyang bulat diameter 20 cm dengan minyak/mentega dan alasi kertas roti.
2. Campur dan masak 5 bahan pertama di atas api sedang hingga mentega meleleh dan semua bahan tercampur rata. Angkat dan sisihkan.
3. Campur tepung terigu, gula pasir dan baking soda. Tuangi dengan separuh adonan mentega leleh, aduk. Adonan akan kental. Tuangi lagi sisa adonan mentega. Aduk lagi hingga rata
4. Masukkan telur satu persatu dan aduk rata tiap kali dimasukkan. Campurkan vanilla
5. Masukkan buttermilk, aduk hingga asal rata. Tuang ke dalam loyang.
6. Panggang selama kurang lebih 45 menit (saya 1 jam) atau sampai tusuk gigi dimasukkan di tengah cake keluar bersih. Dinginkan dalam loyang selama 10 menit sebelum dipindahkan ke rak kawat. Biarkan benar-benar dingin sebelum dituangi ganache

Chocolate Ganache
Modif : Rina Audie

Bahan :
110 gr coklat batang, cincang
100 gr margarin
100 ml susu cair
1,5 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Panaskan susu cair, margarin dan gula pasir hingga gula larut dan margarin meleleh. Matikan api.
2. Tuangkan ke coklat cincang. Aduk hingga coklat meleleh dan adonan menjadi halus, licin dan mengkilap. Biarkan 10-15 menit supaya ganache sedikit mengental.
3. Tuang chocolate ganache di atas cake yang sudah dingin. Biarkan mengalir sendiri, sambil dimiring-miringkan. Masukkan ke dalam kulkas supaya ganache cepat beku.

Note :
Ada yang kelupaan nih. Bagian tengah cake ini setelah dingin dibelah dan diberi buttercream sisa Black Magic Cake ya. Resepnya terdiri dari 50 gr whip cream bubuk dikocok bersama 100 ml air es sampai kaku dan mengembang kemudian dituangi 50 gr coklat batang leleh yang telah dingin. Kocok rata kembali dan siap dipakai.

10 komentar:

  1. Waalikumusalam rina, enak bangat kek coklat ni lembab dan lembut ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti lembut dan enak. Silakan mencoba ya.

      Hapus
  2. Mbak kalau mentega tawarnya diganti margarine apa bisa? dan garamnya harus di skip ya ?
    makasih ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok jika mau pake margarin. Tentu garamnya dihilangkan biar nggak terlalu asin. Happy baking ya...

      Hapus
  3. glek..cegluk..
    kualat aku mba, sekarang gantian aku yang ngiler, haha >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaaa....beneran cake ini enak. Makasih tuk resepnya ya...

      Hapus
  4. hai mbak rina salam kenal, kemarin saya coba kue ini dengan ditambah pisang, enak banget dan kuenya juga lembut

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya ? sip markusip tuh idenya

      Hapus
  5. Mb klo airx diganti susu cair cokelat bisa ga mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja malah lebih nyoklat rasanya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.