Halaman

Rabu, 03 Desember 2014

Cake Puding Mangga

Assalamualaykum


Setelah bikin Black Magic Cake, orang di rumah masih nagih minta cake coklat lagi. Tapi saya lagi pingin bikin puding dan memanfaatkan mangga yang sekarang ini lagi musim.
Ide menggabungkan cake dan puding ini sudah ada di kepala. Puding Kastard Buah-Buahan milik kak Ita sudah lama menggoda saya. Akhirnya resep ini saja yang saya bikin tapi pudingnya pake mangga. Cake yang dipakai adalah Chocolate Moist Cake. Untuk loyang bulat 20cm saya bikin 1/3 resep saja. Cake coklat ini unik deh pake air panas dalam adonannya. Fungsi air panas ini untuk mengaktifkan baking powder. Selain itu untuk menaikkan suhu adonan dengan tujuan jika masuk oven, akan cepat naik. Sedang pudingnya pake full 1 resep. Setelah jadi cakenya enak banget. Coklat dan moist. Belum lagi pudingnya. Apalagi saya penggemar mangga. Jangan lupa untuk mangganya pilih yang manis ya supaya enak rasa pudingnya.


Oh ya saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pembaca DapurManis yang telah setia membuka blog ini sebagai rujukan bila ke dapur. Termasuk kepada follower juga. Terhadap para blogger ataupun non blogger yang bersedia meninggalkan komentar di blog sederhana ini, terimakasih juga (peluukk). Tanpa anda semua saya merasa bakal sepi. Hambar rasanya. Saya merasa tersanjung jika anda berkenan mengunjungi dan mempraktekkan resep di sini. Apalagi setelah dipraktekkan kemudian disebarkan kembali di dunia maya. Silahkan dicopas tapi sebutkan sumbernya ya. Beberapa waktu lalu saya pergoki ada yang copas Donat Tanpa Telur (metode water roux) di fb tanpa mencantumkan sumbernya. Hanya diedit pada waktu fermentasi saja, lainnya copas semua. Meski di dunia maya, etika harus tetap diperhatikan bukan ? Tidak malukah anda melakukan hal demikian ? Hanya anda sendirilah yang bisa menjawabnya.


Cake Puding Mangga
Sumber : Kak Ita-Masam Manis
Modif : Rina Audie

Bahan Cake Coklat :
1 butir telur utuh
125 gr gula pasir
1/8 sdt garam
1/8 sdt vanili bubuk
80 ml susu cair
80 ml minyak jagung (saya pake minyak sayur biasa)
100 gr terigu serbaguna
30 gr coklat bubuk
1/3 sdt baking powder
1/3 sdt soda kue
80 ml air panas

Bahan puding mangga :
1 bungkus (7gr) agar-agar bubuk putih
150 gr gula pasir
1/8 sdt garam
1/8 sdt vanili bubuk
400 ml air
200 ml susu cair
65 gr tepung jagung, larutkan dalam sedikit air
350 gr daging mangga yang manis, potong dadu

Cara membuat :
  1. Cake coklat : panaskan oven dengan suhu 180°C. Siapkan loyang bulat diameter 20cm tinggi 7cm, alasi kertas roti dan olesi minyak/margarin. Sisihkan.
  2. Dalam wadah besar kocok telur, gula, garam dan vanili bubuk sampai putih dan kental. Masukkan susu cair dan minyak, kocok dengan speed rendah sampai rata.
  3. Masukkan campuran terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue dengan cara diayak, kocok speed rendah sampai rata.
  4. Terakhir masukkan air panas, kocok rata. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 30-40 menit. Lakukan tes tusuk. Keluarkan dari oven dan setelah hangat keluarkan dari loyang. Potong permukaan cake supaya rata. Masukkan kembali ke dalam loyang dan sisihkan, sementara kita buat pudingnya.
  5. Puding : masukkan ke dalam panci, agar-agar, gula, garam, vanili dan air. Rebus dan aduk-aduk sampai mendidih dan gula jadi larut.
  6. Masukkan susu cair dan larutan tepung jagung, aduk cepat sampai mengental dan meletup-letup. Tuang kedalam loyang berisi cake coklat.
  7. Segera taburkan mangga selagi panas sambil sedikit ditekan-tekan. Dinginkan dan masukkan ke dalam kulkas supaya beku.

 

6 komentar:

  1. Mbak, loyangnya bongkar pasang ya? Tku. -irene

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo irene...
      tidak, ini pake loyang biasa karena tidak punya loyang bongkar pasang. Cake puding ini hasilnya tinggi hampir 7cm. Dikikis dulu sisinya supaya merenggang. Ketika dibalik jatuhnya pelan sehingga tidak merusak pudingnya. Setelah itu dibalik lagi supaya puding berada di atas. Jika punya loyang bongpas, akan lebih mudah karena tidak perlu membaliknya.

      Hapus
  2. SAlam Singgah

    Jika sudi follow blog saya ye..tq

    http://teratakcassia.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Mbak kalo mangga dihaluskan trus dicampur agar" bisa ya ? Tetep pake tepung jagung ya tks - Ira

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pake mangga yang dihaluskan, malah berasa banget mangganya tu nanti. Penggunaaan tepung jagung sesuai selera. Kalo dihilangkan boleh, tapi pudingnya agak keras. Tepung jagung ini berfungsi melembutkan tekstur agar-agar ya.

      Hapus
  4. mba salam kenal ya, saya mau nanya kalo cake nya dikukus bisa ga? kalo bisa harus pake air panas juga atau di skip air panasnya? terima kasih banyak ya mba atas jawabannya :)

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.