Laman

Jumat, 05 Desember 2014

Brownies Pisang Ketan Hitam (Panggang)

Assalamualaykum


Salah satu list yang numpuk berbulan-bulan di bookmark adalah resepnya mb Endang ini. Sekalian mau ngurangi stok tepung ketan hitam nih.
Bahan yang mudah dan proses buatnya yang simpel, serta rasanya yang pasti nampol (brownies gitu loh), benar-benar membuat saya ngiler. Seperti umumnya resep brownies, kunci utama brownies yang dipanggang adalah tidak boleh dioven terlalu lama supaya tidak kering. Untuk 2 bh loyang brownies ukuran 20x10cm, saya hanya butuh waktu 20-25 menit saja. Asal permukaannya sudah keras/set, keluarkan dari oven. Bagian dalam jika masih basah biarkan saja karena akan mengeras/membeku setelah dingin. Setelah dicicip uenak. Lembab dan nyoklat dengan tekstur khas ketan hitam yang agak kasar/berpasir.

Brownies Pisang Ketan Hitam
Sumber : Brownies Kukus Pisang - Just Try And Taste
Modif : Rina Audie

Bahan :
300 gr pisang raja/ambon/kepok/uli, hancurkan kasar menggunakan garpu
150 gr coklat batang warna gelap, cincang kasar
2 sdm margarin/mentega
125 gr gula pasir
2 butir telur utuh
100 gr tepung ketan hitam
20 gr coklat bubuk warna gelap
1/8 sdt garam halus
1 sdt baking powder
keju cheddar parut dan chocochips untuk taburan

Cara membuat :
  1. Siapkan 2 bh loyang brownies ukuran 20x10cm, alasi kertas roti dan olesi mentega/margarin. Sisihkan. Panaskan oven suhu 200°C, gunakan api bawah.
  2. Dalam wadah tahan panas ukuran besar lelehkan coklat batang dengan cara ditim. Masukkan mentega, aduk sampai mentega meleleh. Angkat dari api.
  3. Masukkan gula pasir, aduk rata menggunakan handwhisk. Menyusul pisang halus dan telur, aduk rata kembali.
  4. Terakhir masukkan tepung ketan hitam, coklat bubuk, garam halus dan baking powder dengan cara di ayak. Aduk sampai rata.
  5. Tuang ke dalam loyang, beri taburan, dan masukkan ke dalam oven di rak atas. Panggang sampai matang selama 20-25 menit. Jika dites tusuk ada lelehan coklat yang nempel pada lidi, biarkan saja. Segera keluarkan dari oven dan dinginkan.

7 komentar:

  1. assalam rina, mesti enak bangat brownies ni akak copy resep nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam kak Noor. Silakan dicopy kak dan semoga enjoy dengan browniesnya ya...

      Hapus
  2. Mmmmmmhh... mba... mau bgt dong... blm prnah nyobain brownis mcm ini... pastinya ga oily ya krn cm pk 2sdm mrgarin...

    *ngeces dah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain bikin deh bu gulu, ini nggak berminyak kok meski margarinnya cuma 2 sdm. Lagian pisang juga berfungsi sebagai pelembab kan...

      Hapus
  3. Hi rin..ishhh brownese mu bikin gue ngencess nih..sudah lama x bikin brwnese..tggu rajin baru buatlh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikinlah biar nggak ngeces hehe....

      Hapus
  4. Saya suka brownis, apalagi yang dari Bandung tuh Brownis Amanda saya suka. ngelihat brownis buatanmu ini saya jadi ngiler hehe

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.