Roti Tawar Goreng Isi Kornet

Assalamualaykum


Sudah lama pingin buat resep ini yang dimuat di tabloid Saji. Melihat bahan yang mudah dan cara bikin yang simpel, akhirnya dieksekusi juga.
Bahan utamanya dari roti tawar yang diisi kornet dan keju. Setelah dipanir langsung digoreng deh. Isinya bisa sesuai selera ya. Bisa isi sosis atau daging cincang. Boleh juga diberi jagung manis jika suka. Snack ini saya bikin sore hari dan digoreng keeseokan harinya untuk sarapan anak saya. Karena jadinya banyak sebagian dibawa ke sekolah untuk bekal. Karena tepung panir saya tinggal sedikit, sebagian roti hanya saya celup di larutan terigu yang dibumbui garam dan merica bubuk. Jadi seperti tempe mendoan gitu. Resep ini bisa dijadikan jualan untuk menyediakan sarapan pagi bagi anak sekolah atau pekerja kantoran ya. Layak jual lho makanan ini.

Bahan utama :
10 lembar roti tawar
minyak, untuk menggoreng

Bahan isi:
1 1/2 sendok makan margarin, untuk menumis
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
30 gram tepung terigu
250 ml susu cair
1/2 sendok teh garam
1/8 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh kaldu ayam bubuk (saya nggak pake)
100 gr kornet ayam
25 gram keju cheddar, diparut

Bahan Pencelup dan pelapis :
5 buah telur kocok lepas (saya pake larutan terigu supaya minyak tidak berbuih)
175 gram tepung panir

Cara membuat :
1. Isi, tumis bawang bombay dan bawang putih di dalam margarin hingga harum. Masukkan tepung terigu. Aduk hingga menggumpal.
2. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan garam, merica bubuk dan kaldu ayam bubuk. Menyusul kornet. Aduk rata sampai mengental dan koreksi rasanya. Matikan api.
3. Masukkan keju cheddar. Aduk rata. Sisihkan.
4. Ambil selembar roti tawar. Beri 1/5 bagian isi dan ratakan. Tutup kembali dengan roti tawar. Dengan menggunakan pisau bergerigi potong segitiga (diagonal) menjadi 4 bagian. Lakukan dengan sisa bahan lainnya sampai habis.
5. Celup ke dalam telur. Gulingkan di atas tepung panir. Celupkan kan lagi telur. Gulingkan di atas panir kembali. Goreng di atas api sedang hingga kecokelatan. Angkat.
Hasil : 20 buah


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

mba Rina,
aku ada link ke sini ya...soalnya aku juga buat roti tawar goreng dengan inspirasi resep roti tawar mba Rina ini...
makasih ya resepnya...
jadi kemarin aku cobain 2 resep mba Rina sekaligus, brambang asem n roti tawar goreng ini..he he he...dan dua-duanya sudah muncul di blog... makasih sekali lagi ya...

enak ya roti tawar goreng gini. Tempo hari nyomat-nyomot mulu entah habis berapa potong diriku haha....
segera ke TKP tuk liat hasilnya ya...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon