Laman

Senin, 03 November 2014

Cantik Manis

Assalamualaykum


Sudah beberapa lama saya stok tepung hunkue di rumah dan kelupaan. Kayaknya menjelang lebaran saya belinya. Waktu itu pas beli kacang tanah dan kebetulan melihat ada tepung hunkue.
Karena saya jarang ketemu tepung hunkue langsung beli 2 bungkus. Nggak tau mau dibuat apa gitu. Setelah kemarin ngebongkar stok bahan kue dan melihatnya segera kepikir bikin cantik manis. Apalagi ada stok santan dan sagu mutiara. Cuma saya nggak punya plastik atau daun pisang untuk membungkusnya. Ya sudah pake cetakan puding aja. Cantik manis yang dimasukkan ke dalam loyang ini dibuat lebih padat/keras supaya bisa dipotong dan tidak hancur. Oleh karena itu saya beri tambahan tepung jagung supaya lebih kokoh. Tapi jika ingin dibungkus satuan, hilangkan saja tepung jagungnya. Hasilnya pasti lebih lembut.



Bahan :
70 gr sagu mutiara kering
200 ml air hangat suam kuku
200 ml air
1 bungkus (100 gr) tepung hunkue
2 sdm tepung jagung/maizena
150-175 gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan
850 ml santan dari 1 butir kelapa
1/4 sdt pasta pandan

Cara membuat :
  1. Rendam sagu mutiara dalam air hangat suam kuku selama 1 jam sampai mengembang. Tiriskan. Rebus 200 ml air sampai mendidih kemudian masukkan sagu mutiara dan rebus sampai sagu matang serta airnya mengering. Angkat dan segera rendam dalam air dingin beberapa kali supaya tidak lengket. Tiriskan.
  2. Siapkan loyang puding volume 1 liter, olesi minyak goreng dan sisihkan.
  3. Dalam wadah ukuran sedang campur tepung hunkue, tepung jagung dan 250 ml santan, aduk rata dan sisihkan.
  4. Rebus sisa santan, gula, garam, daun pandan dan pasta pandan sampai mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Koreksi rasanya.
  5. Masukkan larutan tepung sambil diaduk cepat supaya tidak menggumpal. Menyusul sagu mutiara rebus, aduk cepat.
  6. Segera tuang ke dalam loyang. Goyang-goyang supaya rata. Bila perlu hentak-hentakkan loyang (pelan saja ya) supaya adonan memadat. Dinginkan.


8 komentar:

  1. warna warni ya jadinya...mauuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapinya udah habis bu gulu hihi....

      Hapus
  2. cantiiik mba dicetak bgini..jadi puding cantik manis deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Yuk bikin kalo ada bahannya. Anak anak pasti suka ini

      Hapus
  3. cantikkkk manis kayak aku .....ehehhehehe

    BalasHapus
  4. salah satu kue yang saya suka...
    tapi ibu dirumah suka buat dengan tambahan jagung manis...
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake jagung manis ? Sip. Makasih tuk idenya yah. Salam sungkem untuk ibu di rumah.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.