Laman

Senin, 13 Oktober 2014

Urap Tongkol Dan Kecipir


Assalamualaykum



Mumpung masih punya kelapa parut beku di freezer saya kepingin urap lagi. Kali ini saya pake kecipir setelah sekian lama nggak masak sayur yang tergolong baru buat saya (ketinggalan banget ya).
Kata tukang sayur kecipir memang paling cocok buat urap. Selain itu saya juga beli pindang tongkol untuk teman urap ini. Tongkol ini saya suwir-suwir, digoreng dan dicampurkan ke dalam urapnya. Hmmm enak banget deh kalo pas tergigit tongkolnya. Resep urap ini sama dengan urap pada umumnya. Sayur yang digunakan boleh kok diganti dengan yang lain. Sesuai selera aja.



Bahan urap :
½ butir kelapa agak muda, diparut
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
200 ml air kaldu
½ sdt garam
1 sdt gula merah, disisir
1 sdt rebon/rese

Bumbu tumbuk untuk urap :
1 sdt ketumbar
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting

Sayur kukus/rebus :
250 gr kecipir, buang kedua ujungnya dan potong setebal ½ cm
150 gr tauge
2 batang wortel, potong korek api
200 gr kol, iris tipis

Pelengkap :
300 gr pindang tongkol, disuwir-suwir
1 bh ketimun, belah 4, potong tipis
2 ikat kemangi, ambil daunnya (saya lupa nggak pake)

Cara membuat :

  1. Goreng pindang tongkol sampai matang tapi jangan terlalu kering. Angkat dan tiriskan. 
  2. Urap : panaskan minyak bersih 2 sdm, tumis bumbu tumbuk sampai wangi menyusul lengkuas, daun salam dan daun jeruk sambil diaduk-aduk supaya tidak gosong.
  3. Setelah agak kering masukkan air kaldu, garam, gula merah, rebon dan kelapa parut. Aduk sampai rata dan airnya mengering. Koreksi rasanya. Setelah pas, angkat dari api dan dinginkan. 
  4. Penyajian : campur bumbu urap, sayur kukus, ketimun, kemangi dan tongkol goreng.  Aduk rata dan sajikan.



2 komentar:

  1. Duuuh... kok bs ke-ide-an ikan dibikin urap gitu...
    Pasti tambah selera nie ya...?


    Baydewweeeyyy... foto paling atas itu lho.... kereeen bgt... kecipir ajah bs bagus bgt yah....?

    *saluuut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha biasanya kalo bikin urap lauknya pake tongkol. Akhirnya kepikiran dicampur aja ke dalam urapnya.
      Pic paling atas bagus ? makacih bu gulu

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.