Laman

Rabu, 15 Oktober 2014

Triple Choco Brownies

Assalamualaykum


Huuuu ketinggalaaaaannn....iya saya tergolong ketinggalan membuat brownies yang Juni lalu mulai booming. Brownies ini jadi ngehits setelah disharing Ummu Allegra di grup FB
Apalagi Ummu Allegra nulis resepnya detail banget terutama cara memanggangnya supaya brownies bisa menghasilkan shiny crust di permukaannya. Resepnya juga sudah banyak bersliweran di blog. Penampilannya yang unik dengan guratan-guratan coklat serta taburan choco chips bikin penasaran ingin membuatnya. Kelihatan seperti sungai yang berbatu-batu. Makanya diberi nama Triple Choco Brownies Sungai Chocolatozzz...Nggak sabar rasanya ingin mencoba tapi karena banyak daftar yang antri akhirnya mundur deh bikinnya. Sempat deg-degan karena ketika bikin aliran sungai, DCC lelehnya mulai mengental dan khawatir motif sungainya tidak terbentuk. Tapi begitu matang dan dikeluarkan dari oven ternyata sukses sodara-sodara !! Haahhh legaaaaa.....Mungkin akan lebih mudah jika DCC-nya dimasukkan ke dalam piping bag dan disemprotkan di atas adonan kali ya. Resep yang saya tulis ini hanya setengah bagian saja karena umat di rumah cuma sedikit. Nggak usah berpanjang-panjang sekarang lihat resepnya aja yak.


Bahan :
100 gr coklat batang warna gelap/Dark Cooking Chocolate (DCC), potong kecil-kecil
3 butir telur utuh
200 gr gula pasir (pake 150 gr)
125 gr gula palem
1 sdt vanili bubuk 
200 gr tepung terigu serbaguna
25 gr coklat bubuk warna gelap (pake merk BT Java Cocoa Dark)
1/2 sdt baking powder (nggak pake)
3/4 sdt soda kue (nggak pake)
100 ml minyak goreng
1 genggam choco chips

Cara membuat :
  1. Siapkan 2 buah loyang brownies ukuran 10x20cm, olesi minyak/mentega. Alasi dengan kertas roti dan olesi kembali dengan minyak/mentega. Panaskan oven dengan suhu 190°C. 
  2. Lelehkan DCC dengan cara ditim (double boiler). Angkat dan sisihkan.
  3. Kocok telur, gula pasir, gula palem dan vanili dengan mixer speed rendah sampai gula larut saja sekitar 2-3 menit.
  4. Masukkan campuran terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue sambil dimikser sampai rata. Masukkan minyak goreng, mikser sampai rata juga.
  5. Menyusul DCC leleh. Jangan dituang semua sisakan 3-4 sdm untuk membuat motif sungainya. Aduk rata menggunakan spatula. Adonan yang terbentuk pekat dan sangat kental.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang. Beri aliran-aliran coklat dari sisa DCC leleh. Buat guratan-guratan menggunakan sendok atau spatula sehingga menyerupai aliran sungai. Taburkan choco chips di atasnya.
  7. Panggang di rak atas selama 25 menit. Setelah itu pindahkan loyang di rak tengah dan turunkan suhu oven menjadi 150°C. Panggang selama 20-25 menit. Jangan overbake supaya brownies tidak keras.
Notes :
* Tips untuk menghasilkan shiny crust (lapisan tipis mengkilap dan sedikit retak khas brownies) caranya dengan memanaskan oven menggunakan suhu tinggi 190°C. Jika pake oven tangkring gunakan api agak besar. Letakkan loyang pada rak atas dan dipanggang selama 25 menit. Setelah itu pindah posisi loyang di rak tengah dengan suhu 150°C. Panggang selama 20-25 menit dan jangan overbake supaya tidak keras. Jika ditekan masih agak empuk, tandanya brownies sudah set. Brownies ini mengandung banyak gula dan coklat jadi akan mengeras sendiri setelah dingin. Dengan cara ini akan menghasilkan brownies yang chewy di dalam.
* Ketika mengocok telur gerakkan mixer bolak-balik supaya telur tidak terlalu mengembang. Jika mengembang nanti teksturnya akan mirip seperti cake.
* Selagi dipanggang brownies ini akan sedikit mengembang meski tanpa baking powder dan soda kue.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.