Laman

Kamis, 09 Oktober 2014

Semur Jengkol Dan Tahu



Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu tukang sayur yang biasanya lewat depan rumah ternyata pada libur bareng-bareng. Padahal bawang merah di dapur sudah habis samasekali.
Terpaksa pergi ke pasar untuk membelinya. Di pasar saya melihat bawang merah yang bagus-bagus dan jengkol yang menggiurkan hihi....Udah deh langsung kepincut jengkol juga. Apalagi di rumah bapaknya anak-anak suka banget. Begitu sampai di rumah segera saya rendam air dingin supaya cepat mateng jika direbus. Jengkol ini saya rendam 2 hari. Setiap 12 jam (pagi dan sore) airnya saya ganti supaya baunya tidak terlalu menyengat. Setelah direbus dan dimemarkan bapaknya request semur. Saya juga beli tahu goreng untuk teman semur jengkol ini.

Bahan :
250 gr jengkol
10 bh tahu goreng segitiga
8-10 sdm kecap manis
¼ sdt pala parut/bubk
4 cm kayu manis
3 butir cengkih
800 ml air
1 sdt garam
2 sdt gula pasir

Bumbu tumbuk :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
¼ sdt merica butiran
2 butir kemiri

Cara membuat :

  1. Rendam jengkol dalam air dingin selama 2 hari. Ganti airnya setiap 12 jam supaya tidak terlalu bau. Tiriskan kemudian rebus dalam air mendidih selama 30 menit. Kupas kulitnya, belah menjadi 2 keping kemudian pukul sampai memar, sisihkan. 
  2. Tumis bumbu tumbuk sampai matang dan agak kering. Masukkan pala, kayumanis, cengkih, jengkol dan kecap manis. Menyusul air, garam dan gula. 
  3. Masak jengkol sampai airnya mendidih dan agak menyusut. Terakhir masukkan tahu dan koreksi rasanya. Jika sudah mendidih kembali matikan apinya.

6 komentar:

  1. hiksss... jadi sedih liat ressepmu mbakk...
    jengkol ditempatku super langkaa dan mahaaaaalll....
    padahal ini makaanan favorit aku,,, mbak ,paketin jengkol nya dong
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaa...ongkir paketnya bisa-bisa lebih mihil daripada jengkolnya dong. Tapi asli bikin ngangeni ya jengkol ini

      Hapus
  2. Jengkol emang paling pas disemur mba....

    Hmmm....

    BalasHapus
  3. waaah, selain semur, di rendang juga mantab mbak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang rendang jengkol juara ya hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.