Halaman

Sabtu, 25 Oktober 2014

Tempe Goreng Sayuran

Assalamualaykum


Masih gorengan lagi ya. Ini gegara kemecer resep beginian di Tabloid Saji. Sebenarnya ini tempe mendoan biasa tapi divariasi dengan wortel dan jamur kuping.
Biasanya kalo mendoan kan hanya diberi irisan daun bawang ya. Lumayan deh buat variasai resep dan layak untuk nampang di blog hehe...Resepnya sesuai selera aja hanya perlu ditambah wortel dan jamur kuping.

Bahan :
300 gr tempe, iris tipis
100 ml air untuk rendaman
175 gr terigu
225-250 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
75 gr wortel, potong dadu kecil
2 lbr jamur kuping kering, rendam air sampai mekar, cincang kasar
minyak goreng yang cukup banyak

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica butiran
3 butir kemiri
2 cm kunyit
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Setelah bumbu dihaluskan ambil +- 1/3 bagian dan campur dengan 100 ml air. Masukkan tempe yang telah diiris tipis, rendam selama10-15 menit.
2. Dalam sebuah mangkok yang agak besar, campur sisa bumbu halus dan terigu, tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, sampai kekentalan yang diinginkan. Masukkan daun bawang, wortel dan jamur kuping. Koreksi rasanya.
3. Panaskan minyak yang cukup banyak. Celupkan tempe ke dalam adonan terigu, goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

8 komentar:

  1. Enakkkknya Mba Rina...comot satuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeeehhhh...comot aja Djeng...

      Hapus
  2. Hai Mba Rina,
    wah boleh juga nih ya idenya..belum pernah buat yang beginian...
    kapan2 mau coba buat ah...bookmark dulu ya...he he he
    makasih resepnya ya..memang layak nampang di blog nih resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga mb Monica
      silakan disimpan resepnya biar gampang nyari jika diperlukan
      makasih lho ya udah berkunjung di sini

      Hapus
  3. disimpan ya mba resepnya, makasih...tapi disini tempe mahal ajah, hu..hu..nanti kalau sudah punya keberanian beli tempe saya coba buat deh, h3.
    salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga. Lagi di luar negeri ya kok tempe jadi barang mahal. Silakan jika ingin menyimpan resepnya.

      Hapus
  4. Lapor mbak saya udah nyobain, Uenak e hihi. goreng langsung abis mb, maturnuwun resepnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laporan diterima, hihi.... Enaknya tuh karena ada sensasi kres-kres dari jamur kupingnya itu lho. Lumayan kan buat variasi biar nggak itu-itu mulu.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.