Halaman

Jumat, 24 Oktober 2014

Oncom Masak Lodeh

Assalamualaykum


Masak lodeh lagi ya hehe...lodeh tuh sayur favorit orang rumah. Dicemplungi apa aja pada doyan. Kali ini mau eksperimen pake oncom merah/orange.
Biasanya kalo masak lodeh dicemplungi tempe kedelai. Iseng aja sih sebenarnya masak lodeh pake oncom. Sebelum diolah oncom ini dibakar dulu untuk menghilangkan baunya. Kadang oncom yang dibeli suka bau gitu. Entah kenapa apakah proses pembuatan yang kurang bersih atau kualitas ampas tahunya yang kurang baik. Tapi kadang juga dapat oncom yang bebas bau jadi enak aja mau diolah apa aja terutama sambel oncom. Hmm ngiler deh. Jika tidak ada oncom bisa kok diganti tempe gembus, toh sama-sama terbuat dari ampas tahu. Cuma sayang picnya kurang tajam. Mungkin pengaruh dari fisik yang nggak fit. Lagi kena batuk pilek nih meski sedikit.

Bahan :
150 gr oncom ampas tahu warna merah/orange
1 tongkol jagung manis, dipotong-potong
4 bh cabe ijo besar, potong bulat
3 sdm rebon/rese/udang kering, cuci bersih
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
500 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental)
1 bh labu siam ukuran kecil, potong dadu
6 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
1 bh terong ungu ukuran kecil, potong dadu (lupa nggak pake)
garam dan gula secukup rasa

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kencur
4 butir kemiri

Cara membuat :

  1. Potong oncom bentuk dadu agak kecil kemudian bakar di atas wajan anti lengket sampai agak kecoklatan. Sisihkan.
  2. Dalam sebuah panci masukkan bumbu halus, cabe ijo, cabe merah, lengkuas, daun salam, santan encer, rebon dan jagung manis. Rebus sampai mendidih dan jagung menjadi empuk.
  3. Masukkan labu siam, kacang panjang dan terong. Bumbui garam dan gula. Beri kaldu bubuk jika suka. Masak sampai mendidih. Koreksi rasanya.
  4. Jika sudah mendidih tuangkan santan kental dan oncom bakar. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih kembali. Angkat dari api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.