Halaman

Kamis, 23 Oktober 2014

Bakwan Makaroni

Assalamualaykum


Lama banget nggak bikin gorengan nih. Kangen. Sempat nggak tau mau bikin gorengan apa gitu. Setelah ngebongkar logistik di dapur (halah kayak stoknya banyak banget) lha kok ketemu makaroni.
Segera kepikir mau bikin bakwan saja karena gampang dan pasti disukai. Resepnya sama seperti bakwan pada umumnya hanya ditambahi makaroni rebus saja.

Bahan :
75-100 gr makaroni pipa
150 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
1 sdm tepung tapioka/kanji/aci
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
175 ml air
1 bh wortel, potong dadu kecil
3 lembar kol, iris tipis
50 gr tauge
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kunyit

Cara membuat :

  1. Rebus makaroni sampai matang. Angkat, tiriskan dan rendam dalam air dingin supaya tidak lengket. Tiriskan kembali.
  2. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, tapioka, garam, merica dan bumbu halus. Tuangi air sambil diaduk sampai rata dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Aduk rata.
  3. Masukkan makaroni, wortel, kol, tauge dan daun bawang, aduk rata.
  4. Panaskan minyak di atas wajan cukup banyak. Dengan menggunakan sendok sayur, goreng adonan sambil dilebarkan. Siram-siram bakwan dengan minyak panas dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.